Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Mengubah Video Menjadi Audio di Android

cara mengubah video menjadi audio

Cara mengubah video menjadi audio di Android melalui website MP3 converter dan menggunakan aplikasi dari sumber ketiga.

Jejakterkini.com - Bagi seorang pecinta musik, mendengarkan lagu favorit mungkin sudah menjadi rutinitas sehari-hari dan hampir sebagian besar didapatkan melalui platfom YouTube.

Namun memutarnya secara langsung di media tersebut menyisakan banyak hal yang tidak kita inginkan, terutama pada kenyataannya bahwa ia memerlukan langganan berbayar untuk pemutaran di latar belakang serta kemunculan iklan.

Melakukan Convert MP4 to MP3 bukan hanya untuk penggemar musik saja, melainkan juga sebagai konten kreator. Karena itu, Anda bisa mendapatkan format file audio yang lebih portabel, mengekstrak efek suara, melakukan dubbing ke narasi dalam bahasa berbeda, atau membuat konten menjadi episode podcast.

Jadi, apa pun alasannya, tutorial ini akan memandu Anda tentang bagaimana caranya mengonversi MP4 ke MP3 secara online di ponsel Android dengan mudah.

Baca Juga: Cara Download Lagu MP3 Di HP Tanpa Aplikasi

Bisakah Saya Mengubah Video ke Audio?

Tentu saja, dalam banyak kasus ini mungkinkan seseorang untuk mengonversi trek video menjadi suara saja, di mana kita hanya membutuhkan alat pengeditan atau converter online.

Cara kerjanya adalah berupa memisahkan keduanya tetapi dapat berjalan secara independen satu sama lain. Dengan begitu, kamu bisa menghasilkan konten berbasis suara yang tidak mendukung aset visual.

Meskipun mesin konverter mudah dioperasikan bahkan diproses sangat cepat, beberapa diantaranya memiliki batasan ukuran file dan tanpa jaminan keamanan data.

Nah, berikut beberapa faktor yang perlu kalian dipertimbangkan ketika memilih website/alat converter.

  • Antarmuka: Cari aplikasi atau situs web dengan desain intuitif untuk navigasi yang mudah dan ramah pengguna.
  • Kecepatan: Pilih layanan yang menawarkan kecepatan konversi dalam meningkatkan efisiensi alur kerja.
  • Format: Pastikan mereka mendukung kompatibilitas ke berbagai jenis video (MP4, AVI, FLV) serta audio (MP3, AAC, WAP, dsb).
  • Kualitas: Konverter harus menyediakan output suara berkualitas tinggi tanpa mengurangi degradasi yang signifikan.
  • Keamanan: Selalu berhati-hatilah terhadap layanan dengan risiko seperti malware maupun ancaman keamanan lainnya.

Format Audio yang Umum Digunakan

Secara teknis, ada dua jenis utama file audio, yaitu format Lossy seperti MP3, AAC, Opus, dan Lossless (WAV, FLAC, APE, dll).

Sederhananya, Lossy adalah pencapaian kompresi dengan menghapus beberapa data di bagian frekuensi tinggi, sehingga mempengaruhi dampak lebih kecil terhadap telinga manusia. Sedangkan, Lossless dicapai melalui sejumlah pengoptimalan di pengaturan.

Karena ada begitu banyak jenisnya, bagaimana sebaiknya kamu mulai memutuskan kapan mulai mengonversinya, berikut pengenalan singkat tentang berbagai varian yang sering kita gunakan.

  • MP3: Di antara semua format audio, MP3 merupakan mainstream mutlak, pasalnya dapat mengurangi jumlah data secara signifikan dan memberikan kualitas suara yang jauh lebih baik terutama saat mendengar via online atau offline.
  • AAC: Advanced Audio Coding (AAC) menerapkan algoritma pengkodean baru dengan memperkecil ukuran tanpa menurunkan kualitasnya. Sebagian besar musik iTunes mengadopsi sistem AAC, tapi jangkauannya tidak seluas MP3.
  • M4A: Format terkompresi yang juga tanpa penurunan kualitas, bahkan tidak dilindungi oleh manajemen hak digital, jadi memiliki fleksibilitas untuk mengedit ulang serta mentransfernya kembali. Namun, M4A kurang kompatibel di merek lain selain perangkat dari Apple.
  • FLAC: Tak ada informasi yang hilang dalam codec ini, sehingga kemampuan suaranya sangat jelas dan realistis. Tetapi, FLAC hanya cocok untuk penyimpanan di komputer atau ponsel berkapasitas besar.

1. Cara Mengubah Video Menjadi Audio Tanpa Aplikasi

Untuk mengekstrak file suara lewat ponsel, kita memerlukan dua metode berbeda yaitu melalui situs web dan mengunduh aplikasi dari pihak ketiga, tapi sebagian alat konversi gratis ini didukung oleh iklan.

Sekarang, mari kita lihat bersama-sama bagaimana cara pertama tanpa mengunduh aplikasi di perangkat seluler Anda.

1. Y2Mate

Pertama, Y2Mate adalah situs web pengunduhan konten YouTube yang menyediakan beragam fungsi tambahan termasuk pemrosesan file menjadi MP3.

Antarmukanya didesain sangat bersih dan dapat menyimpannya dalam berbagai format. Sehingga mampu memberikan pengguna solusi komprehensif untuk kebutuhan konversi mereka.

Kelemahannya, platform ini berisi begitu banyak iklan pop-up serta membutuhkan aktivasi Javascript pada browser agar bisa difungsikan.

Berikut adalah 3 langkah mudah dalam menggunakan mesin konvert dari Y2Mate.

Tempel URL

Buka Y2Mate.com dari peramban apa saja, kemudian masukkan alamat tautan/link video di kolom khusus.

tempel alamat tautan

Konversi

Selanjutnya, tekan enter atau tombol panah di samping kanan bidang input > Klik menu drop-down untuk melihat semua ekstensi > Pilih MP3 sebagai format output.

proses konversi audio

Unduh

Setelah selesai, file MP3 akan siap untuk diunduh dan siap disimpan ke perangkat Anda > Done.

unduh file mp3

2. VidPaw

alat convert vidpaw

VidPaw adalah metode terbaik seterusnya dalam pengunduhan konten lewat dukungan sekitar 1000+ media online, terutama YouTube, Facebook, Insagram, Twitter, dsb.

Sama halnya Y2Mate, Vidpaw juga kompatibel pada semua tipe peramban maupun sistem perangkat modern.

Ditambah lagi, Sobat tak perlu membayar sepeserpun agar dapat menikmati layanan dari VidPaw. Bahkan prosesnya super cepat dan aman dioperasikan tanpa mengandung iklan pop-up.

Soal cara kerjanya tidak jauh berbeda, kalian hanya memasukkan LINK video untuk diubah menjadi sound.

3. Zamzar

situs zamzar

Zamzar bisa menjadi pilihan ketiga bagi Anda sebagai alat konverter yang sederhana dan mudah diakses.

Zamzar telah medukung hampir semua format file input: MP4, MKV, AVI, 3GP, serta output: MP3, WAV, FLV, dll. Bahkan, dapat langsung di impor melalui perangkat, cloud, maupun lewat URL.

Namun kabar buruknya, pengguna hanya diizinkan untuk mengunggah berkas sebesar 50MB saja dari sumbernya. Dimana merupakan sebuah kelemahan signifikan mengingat video biasanya memiliki rata-rata ukuran yang besar.

Selebihnya, karena bekerja secara online, layanan ini kompatibel dengan OS ataupun browser web apapun.

4. CloudConvert

tool cloudconvert

Website mengubah video menjadi audio terbaik berikutnya bernama Cloudconvert, dimana memungkinkan untuk menyempurnakan, serta memodifikasi file Anda.

Alasan kuat mengapa CloudConvert sangat menonjol adalah karena ia support ke berbagai jenis berkas dan menawarkan beragam opsi konversi yang menakjubkan.

Disini, kalian bebas memilih menu unggahan, apakah langsung lewat perangkat, URL, Google Drive, atau Dropbox.

Prosesnya pun juga terbilang begitu cepat hanya memerlukan beberapa detik saja dan bisa di jeda. Bahkan, tidak menawarkan iklan, benar-benar keren bukan?

5. Savefrom.net

website savefrom

Savefrom.net merupakan Website Convert MP4 ke MP3 Gratis untuk video dari YouTube paling populer saat ini, dimana menawarkan kemudahan dan kecepatan.

Disamping itu, dia juga mendukung sejumlah media lainnya termasuk Facebook, Instagram, Vimeo, SoundCloud, Dailymotion, Twitter, TikTok, VK, dll.

Adapun, platform dapat diakses secara gratis, bebas iklan, serta tersemat dalam berbagai ekstensi file yang bisa langsung diunduh pada halaman utama.

Seperti halnya semua alat diatas, kalian cukup meletakkan alamat tautan video yang ingin diubah, maka Savefrom akan segera melakukan tugasnya buat Anda.

2. Cara Mengubah Video Menjadi Audio Menggunakan Aplikasi

aplikasi mp3 converter

Android tidak menyematkan aplikasi konversi bawaan seperti pada iOS, sebagai gantinya, kita harus mengunduhnya terlebih dahulu di Google Playstore.

Aplikasi bernama MP3 Converter adalah utilitas yang bisa kamu andalkan karena memiliki rating sekitar 4,5, jadi tentu saja sangat bagus.

Selain itu, juga menawarkan fitur pemangkasan dasar untuk membuat keseluruhan klip lebih informatif dengan menghapus bagian yang tak berguna.

Kekurangannya, tidak memiliki banyak pilihan pengeditan serta format yang disajikan cukup terbatas.

  1. Instal dan buka MP3 Converter.
  2. Impor file sumber dari penyimpanan ponsel Anda.
  3. Tekan tombol Convert untuk mengubahnya jadi MP3.
  4. Setelah proses selesai, simpan audio tersebut dalam memori telepon/micrSD atau membagikanny ke media lain.

Baca Juga: 8 Aplikasi Nonton Film Legal Gratis Android

F.A.Q

Apakah Semua Situs/aplikasi Konversi ini Aman?

Mengenai keamanan, semua layanan yang tercantum diatas memprioritaskan privasi pengguna dan kepatuhan protokol keamanan. Hanya saja, beberapa di antaranya mengharuskan pendaftaran akun dan ada iklannya.

Bagaimana Cara Kerja Audio Converter?

Pada umumnya, sistem kerja mereka adalah menganalisa atau memindai klip video kemudian mengekstrak data audio darinya berdasarkan format seperti MP3, AAC, WAV, dsb sesuai perintah Anda.

Mengapa Proses Konversi Begitu Lambat?

Biasanya ada sejumlah faktor yang membuat prosesnya menjadi lambat yaitu ukuran filenya besar, jaringan internet lelet, atau spesifikasi sistem perangkat Android kamu rendah.

Kesimpulan

Mempelajari cara mengubah video menjadi audio adalah langkah yang cukup sederhana selama Anda masih memiliki ponsel Android.

Ini akan berguna untuk kebutuhan proyek pengeditan Reel, TikTok, konten YouTube, atau hanya sekedar ingin menikmati lagu favorit secara offline tanpa gangguan serta menghemat data seluler.

Kami telah memperkenalkan mesin converter online terbaik dengan karakteristiknya masing-masing, tetapi sebagian terganggu oleh kehadiran iklan dan ukuran file terbatas.

Dari sudut pandang fungsional, semuanya menawarkan beragam format konvertibel, prosesnya cepat tidak memakan banyak waktu, bahkan paling penting bahwa sepenuhnya gratis. Jadi, buruan aja kalian mencobanya.

Post a Comment for "2 Cara Mengubah Video Menjadi Audio di Android"