Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperjelas Foto Lama yang Blur dan Pecah Online

cara memperjelas foto lama blur dan pecah

Cara memperjelas foto yang blur dan pecah tanpa aplikasi via online dengan menggunakan beberapa alat berteknologi canggih untuk membantu memulihkan gambar lama Anda menjadi maksimal.

Jejakterkini.com - Foto adalah hasil jepretan kamera yang memiliki nilai history secara pribadi dan tersimpan dalam berbagai momen.

Melestarikan foto-foto lama lebih dari sekedar menjaga benda-benda bernilai tinggi, bentuk penghormatan pada leluhur, hingga menghargai potongan kenangan yang telah membentuk seseorang.

Sama halnya manusia, setiap gambar juga dapat memudar seiring berjalannya waktu, sampai akhirnya akan usang, lapuk, bahkan mengalami kerusakan.

Untungnya, cara mempertajam foto online bisa membantu Anda memperbaikinya melalui rangkaian restorasi dari layanan website sumber ketiga secara gratis tanpa harus membayar.

Faktor Penyebab Foto Lama Menjadi Rusak

Membayangkan ketika kita memegang sebuah gambar yang telah melewati ujian waktu dengan merasakan beban sejarah serta hubungan emosional.

Namun, kerusakan akibat usia adalah faktor yang mungkin tidak dapat dielakkan, karena secara bertahap mengurangi kecerahan dan kejernihannya.

Warna memudar, tepi berjumbai, hingga detailnya menjadi kabur. Gambaran yang tadinya berharga hanya menjadi bayangan dari aset masa lalu keluarga.

Di postingan ini Jejakterkini.com mencoba menyelami masalah umum kemudian bersama-sama memulai langkah merestorasinya.

1. Suhu dan Kelembaban

Photo begitu rentan terhadap berbagai faktor yang berkontribusi terhadap kerusakan secara bertahap, salah satunya adalah temperatur.

Seperti suhu panas, kelembaban, serta polusi udara merupakan elemen utama dalam perubahan fisik paling cepat.

2. Cahaya

Paparan cahaya juga turut berperan pada degradasi kenang berharga Anda, dimana menjadikannya berubah warna seperti kekuningan, timbul percikan noda, atau memudar.

Masalah terbesar disebabkan oleh sinar ultraviolet meskipun filter UV memberikan perlindungan tertentu, tapi tidak sepenuhnya menghilangkan kerusakan ringan.

Bahkan beberapa jenis terutama cetakan albumen, sianotipe, atau gambar berwarna sangat sensitif terhadap cahaya.

3. Hama dan Tempat Penyimpanan yang Buruk

Faktor lainnya adalah hama, termasuk serangga, hewan pengerat, maupun jamur sangat menyukai organik pembentuk komponen gambar (Gelatin, Gelulosa, dan Kertas).

Adapun, kondisi penyimpanan buruk sering kali menyebabkan infestasi atau epidemi, mereka berkembang biak di tempat yang agak lembab, kotor, berdebu, dan gelap.

Memahami bagaimana waktu dapat merusak photo sangatlah penting dalam menyadari urgensi, kemudian melestarikan artefak rapuh ini dengan merestorasinya.

Apa itu Restorasi Foto?

Intinya adalah suatu proses memperbaiki dan menyempurnakan foto lama yang rusak untuk memulihkannya ke bentuk atau kualitas asli agar menjadi lebih baik.

Tujuannya bukan hanya mengembalikan ketidaksempurnaan warna, melainkan menjaga makna emosional serta nilai-nilai sentimental yang melekat didalamnya.

Cara Memperjelas Foto yang Blur Tanpa Aplikasi

Sekali lagi, photo berfungsi sebagai jendela ke masa lalu, menghubungkan seseorang dengan nenek moyangnya, memberi pengalaman sekaligus meningkalkan warisan untuk mereka.

Melestarikan rekaman visual ini bukan sekadar tindakan nostalgia, tetapi memastikan bahwa cerita keluarga diturunkan dari generasi ke generasi.

Sekarang, mari kita lihat bagaimana cara memperbaikinya lewat layanan situs web pihak ketiga berikut ini.

1. Wondershare

Alat profesional dapat membantu mengatasi berbagai masalah kondisi pada gambar yang rusak, salah satunya adalah Wondershare. Dimana menyediakan fasilitas repairit melalui sistem AI online.

Meskipun menawarkan mode gratis, tapi opsinya sangat terbatas. Nah, kalau versi premium tentu saja kita harus membayar sejumlah uang agar bisa menikmati fitur pemulihan tingkat lanjut.

Namun jangan khawatir, fitur gratisnya juga sudah lumayan bagus kok untuk memulai proses restorasi. Syaratnya cukup mudah, Sobat wajib registrasi terlebih dahulu.

Buat Akun

Sekali lagi, sebelum dapat menggunakan layanan online gratis bahwa pengguna diwajibkan membuat akun terlebih dulu.

Sobat bisa langsung mengunjungi Wondershare, kemudian melakukan pendaftaran via email atau menghubungkannya lewat akun Google.

Upload Gambar

Setelah itu, klik menu upload gambar dan pilih foto yang ingin dipulihkan dari perangkat. Perlu diperhatikan bahwa kamu hanya mampu mengunggah satu gambar dalam satu waktu.

upload gambar

Mulai Restorasi

Tekan tombol "Start" berwarna biru di sudut kanan bawah. Sekarang proses pemulihan segera dimulai bersama teknologi repairit AI > Tunggu beberapa saat hingga 100% selesai.

mulai restorasi foto

Pratinjau dan Unduh

Jika perbaikannya sudah selesai, Anda bisa melihat perubahannya pada bagian pratinjau dengan menggeser kekiri/kanan. Nah kalau sudah puas dengan hasilnya, pencet saja "Unduh."

pratinjau dan unduh foto

2. Phowd

Phowd merupakan alat perbaikan lainnya untuk membantu memperjelas, mempertajam, menghilangkan lengkungan, goresan, bahkan sobekan pada photo lama Anda.

Langkah penggunaannya pun cukup mudah, kalian hanya perlu melakukan pendaftaran lalu mengupload gambar berbentuk RAW, JPG, atau PNG.

Kemudian, Phowd akan memulai pekerjaan retouchingnya sampai selesai. Kamu bisa segera melihat hasilnya dan memodifikasi sebelum mengunduhnya.

3. VanceAI

Cara mempertajam foto online seterusnya bernama VanceAI, dimana menjanjikan pemulihan gambar 100% dengan didukung oleh teknologi AI.

Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menghilangkan goresan secara instan dari photo lama yang rusak.

Selain itu, juga cocok pada masalah seperti debu, sepia, noda, dsb. Bahkan, beberapa fungsi tambahan bisa kamu lakukan bersama perangkat lunak VanceAI.

4. PicWish

Cara memperbaiki foto lama bagian terakhir bisa memanfaatkan layanan PicWish, sebuah aplikasi web pemrosesan gambar bertenaga AI secara otomatis.

Platform menawarkan berbagai alat pengeditan gratis termasuk menghapus latar belakang, memperbesar ukuran, retouch, konverter JPG, kompress, penyempurnaan wajah, dsb.

PicWish menggunakan kecerdasan buatan untuk mengedit photo dengan satu klikan, sehingga menghemat waktu maupun tenaga.

Hebatnya lagi, dia berfungsi pada semua jenis perangkat (Windows, Mac, iOS, Android) serta browser apa pun (Google Chrome, Mozzila Firefox, Operamini, Edge, dll).

Tips Menyelamatkan Foto Akibat Terkena Air

Air adalah sumber kehidupan bagi seluruh umat manusia, tetapi juga dapat merusak photo, serta meninggalkan jejak sakit hati.

kerusakan akibat air merupakan ancaman besar terhadap kelestarian kenangan berharga. Menyebabkan warna memudar, melengkung, hingga kehancuran total.

Tantangan dalam memulihkan gambar ini sebenarnya memang memerlukan keahlian, kesabaran, bahkan pemahaman tentang seluk-beluk restorasi.

Untuk menyelamatkan foto yang rusak karena air, penting agar mengambil langkah sesegera mungkin seperti beberapa tips di bawah ini.

  • Pertama, keringkan photo secara hati-hati tanpa menyebabkan kerusakan lebih lanjut.
  • Jangan pernah meletakkannya diatas koran atau kertas kotor, pasalnya kotoran/tinta dapat menempel ke foto.
  • Cobalah menempatkannya pada bahan yang memiliki daya serap tinggi seperti handuk.
  • Kalau perlu gunakan alat pengering udara (Air Conditioner) supaya mencegah pertumbuhan jamur serta kerusakan secara permanen.
  • Jika gambar melekat dalam bingkai kaca, kamu harus mengeluarkannya dengan membilas/merendamnya ke air untuk memisahkan keduanya secara perlahan.

F.A.Q

Bagaimana Cara Kerja Restorasi Foto?

Suatu proses yang melibatkan perbaikan dan penyempurnaan berbagai photo akibat penuaan. Dimana mengkombinasikan antara sistem AI canggih dengan pemindaian secara digital.

Lewat koreksi warna, penghilangan noda, goresan, hingga penyesuaian khusus lainnya. Pada akhirnya, mampu mengembalikan ke kondisi aslinya.

Apakah Semua Layanan Perbaikan Foto ini Gratis?

Ya, Anda tidak usah khawatir karena semua situs web dari rekomendasi Jejakterkini.com diatas adalah gratis tanpa membayar sepeserpun.

Namun jika belum puas, Sobat bisa meningkatkannya ke paket premium untuk mendapatkan pengalaman lebih baik seperti pengunduhan gambar HD, atau menikmati beberapa fitur unggulan lainnya.

Kesimpulan

Sepanjang artikel ini, kami telah memaparkan masalah yang ditimbulkan akibat kerusakan dari foto lama Anda, terutama karena pengaruh suhu, cahaya, hama, serta lokasi penyimpanan yang buruk.

Sekaranglah saatnya mengambil tindakan dan memastikan kenangan berharga itu tetap terpelihara untuk generasi mendatang.

Jangan biarkan noda, jamur, goresan, serta tanda-tanda penuaan terus-menerus menggerogoti keindahan dan maknanya.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan agar dapat mengembalikan photo tersebut tergantung pada software itu sendiri.

Pastinya, cara memperjelas foto blur atau pecah tanpa aplikasi ini bisa dipercaya dalam meningkatkan ketajaman, memulihkan warna memudar, maupun melestarikan kembali gambar lama Anda.

Post a Comment for "Cara Memperjelas Foto Lama yang Blur dan Pecah Online"