Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendaftar dan Menggunakan Aplikasi DANA

cara mendaftar dan menggunakan aplikasi dana

Cara Mendaftar dan Menggunakan Aplikasi DANA sebagai alat untuk bertransaksi online terbaik Anda.

Jejakterkini.com - Di era digital sekarang ini semua aktivitas menjadi jauh semakin mudah dengan hadirnya berbagai aplikasi e-wallet termasuk salah satunya adalah DANA yang banyak memberi manfaat bagi kita semua.

Layanan ini telah digunakan oleh sebagian besar pengguna khususnya di Indonesia untuk melakukan transaksi non tunai seperti proses pembayaran hingga transfer uang secara cepat dan mudah.

Baca Juga: 3 Cara Backup Whatsapp di HP Android dan Memulihkannya

Apa itu Aplikasi DANA?


DANA adalah penyedia dompet digital terkemuka di Indonesia yang memiliki jutaan pengguna aktif dengan ribuan transaksi harian.

Di mana memungkinkan bagi setiap pelanggan membuat tagihan, membayar online, atau melakukan sistem pengisian ulang seluler yang nyaman serta dapat dipercaya.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi DANA

Dengan meluncurkan DANA, seseorang bisa menjalani kehidupan tanpa harus memegang uang fisik, sehingga memudahkan mereka mengelolanya secara efisien.

Sebelum ke cara membuat akun DANA alangkah baiknya kamu mengetahui beberapa keuntungan dari plaftorm berbasis cloud yang solid, andal, dan tangguh untuk seluler ini terlebih dahulu.

1. Memudahkan Transaksi dan Pembayaran

kemudahan transaksi pembayaran dana

Manfaat paling utama adalah kemampuan melakukan berbagai transaksi atau pembelian produk apa saja secara online dengan mudah dan cepat.

Selain itu, Sobat dapat membayar tagihan elektronik tanpa perlu repot-repot mendatangi pusat pengiriman uang, menghindari antrian di loket pembayaran/ATM, maupun menginstal aplikasi perbankan tambahan.

Hal tersebut tentunya bisa menghemat waktu sekaligus tenaga Anda dalam mengatur tagihan seperti Listrik, PDAM, Gas, iuran BPJS, Telkom, hingga cicilan lainnya.

Terasa semakin praktis karena ini juga berfungsi sebagai kartu debit/kredit yang terhubung ke ratusan merchant populer termasuk Lazada, Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Bukalapak, Lawson, dsb.

2. Gratis Transfer Antar Sesama Pengguna

Kelebihan lain menggunakan DANA yaitu memungkinkan untuk mentransfer uang ke sesama pengguna, apakah melalui teman atau keluarga. Bahkan, prosesnya pun terbilang sangat cepat, jadi tidak harus pergi ke bank/ATM buat mengantri.

Menariknya lagi mereka membebaskan dari biaya adminestrasi dan biasanya berlaku sekitar Rp 5000 - 6500 pada setiap kali transfer antar bank. Bayangkan berapa banyak uang yang mampu kamu hemat jika 10 kali melakukan TF dalam sebulan.

3. Garansi Saldo

Sebagian orang mungkin agak takut kalau menggunakan dompet digital karena rentan kehilangan saldo. Namun, tidak berlagu di DANA, pasalnya ia menawarkan mode Protection.

Fitur tersebut memastikan bahwa setiap transaksi sebesar apapun akan mendapatkan pengawasan ketat, apabila terjadi masalah maka saldo otomatis dikembalikan.

4. Surprise Menarik

promo menarik dana

Keuntungan mendaftar aplikasi DANA bagi Anda seterusnya adalah tersedia banyak promo menarik yang bisa membuat anggaran belanja menjadi lebih hemat.

Secara rutin mereka mengeluarkan Diskon, Cashback, hingga Quest voucher dengan potongan harga mencapai 50 ribu. Ini dapat digunakan pada beberapa mitra merchant, mulai dari toko retail sampai restoran.

5. Isi Ulang dan Tarik Saldo

Demi kelancaran bertransaksi elektronik Anda, platform memberikan kelancaran untuk pengisian (Top up) serta penarikan saldo minimal 100 ribu Rupiah tanpa biaya pemotongan admin.

6. Akun Premium

akun dana premium

Selain akun reguler (Gratis), e-Wallet dari PT Espay Debit Indonesia Koe ini juga memiliki sistem upgrade akun, dimana menawarkan berbagai fitur premium ekstra.

Diantaranya: limit saldo mencapai 20 juta, bebas mengirim uang ke manapun, mendapatkan promo eksklusif, sampai tarik tunai melalui sejumlah outlet yang sudah bekerja sama.

7. Kelola Keuangan

Untuk membantu mengelola keuangan pribadi menjadi lebih baik, aplikasi menyajikan laporan transaksi yang berguna sebagai alat pelacakan dan kontrol pengeluaran anggaran Anda.

8. Keamanan Terjamin

jaminan keamanan dana

Manfaat membuat akun DANA yang paling penting adalah tentang keamanannya, dimana merupakan prioritas utama dalam hal keuangan digital.

Platform mendukung tingkat perlindungan data pengguna berupa Autentication Two-Factor, Face Verification, Risk/Fraud Detection Engine berbasis AI, hingga Sertifikasi PCI-DSS.

Disamping itu, keamanannya semakin terjamin karena telah terdaftar di Bank Indonesia. Bahkan, kegiatan operasional juga turut diawasi oleh kominfo dan otoritas jasa keuangan.

Dengan berbekal sistem proteksi tersebut, segala bentuk transaksi Anda akan terhindar dari ancaman kebocoran data ke pihak lain.

Cara Mendaftar Aplikasi DANA

Nah, setelah mengetahui beberapa keuntungan yang kami sebutkan barusan, sekarang mari simak panduan sederhana tentang bagaimana pembuatan akun berikut ini, tetapi dengan catatan siapkan nomor telepon/WhatsApp.

1. Pertama-tama, silahkan download DANA di Playstore atau App Store sesuai merek perangkat kalian masing-masing, kemudian install.

2. Setelah itu, buka aplikasinya untuk segera memulai proses pendaftaran. Tambahkan nomor HP dan klik lanjutkan.

tambahkan nomor hp untuk daftar dana

3. Selanjutnya, masukkan kode OTP yang dikirim melalui WhatsApp Anda.

masukkan kode otp dari dana

4. Terakhir, buatlah kode PIN baru sebanyak enam digit angka tapi jangan berurutan seperti contohnya 123456 > Done.

buat kode pin dana

Cara Menggunakan Aplikasi DANA

Apabila sudah berhasil melakukan pendaftaran, Sobat bisa langsung memanfaatkan berbagai fasilitas termasuk isi saldo, membayar tagihan elektronik, transfer uang, dll.

Untuk mengisi saldo ada dua metode yang dapat kamu gunakan, pertama lewat Bank > Salin/catat nomor virtualnya.

cara isi saldo dana via bank

  • Seterusnya kunjungi ATM terdekat, masukkan kartu ATM dan PIN Anda.
  • Pilih menu TRANSAKSI LAIN > PEMBAYARAN > LAINNYA > BRIVA.
  • Masukkan Kode yang telah dicatat/disalin tadi sebagai Nomor BRIVA > Tekan Benar.
  • Tulis jumlah nominal top-up pengisian saldo (Minimal 20.000) > Konfirmasi dengan menekan Ya.

Metode kedua adalah melalui agen seperti Indomaret, Alfamart, Pegadaian, Kantor Pos, dsb.

mengisi saldo dana lewat agen

Terus tentukan salah satunya > Kemudian salin ID/kode Anda.

salin dana id anda

  • Pergi ke gerai/outlet sesuai agen yang Sobat pilih.
  • Katakan kepada kasir bahwa kamu ingin melakukan Top Up DANA.
  • Informasikan Nomor HP dan Jumlah Top Up (Pengisian tunai minimal 50 ribu, maksimal 1 juta).
  • Ikuti instruksi selanjutnya dari kasir untuk menyelesaikan transaksi.

Kekurangan Aplikasi DANA

Disamping memiliki kelebihan seperti tertera diatas, e-Wallet ini juga ternyata ada kelemahannya lho? Diantaranya sebagai berikut.

1. Saldo dan Transaksi Terbatas

Kekurangan yang pertama, mereka membatasi maksimal saldo serta transaksi pembayaran sebesar 2 juta, bahkan jumlah transfer hanya 10 kali saja dalam waktu 1 bulan.

Jika lebih, dikenakan tarif admin setiap pengiriman/transaksi. Jadi, disarankan untuk mengupgrade akun.

Namun perlu diketahui bahwa ini bukan perkara mudah, pasalnya mengharuskan memverifikasi data diri terutama KTP sampai surat usaha.

2. Belum Punya Kantor Cabang

Dikarenakan tidak ada kantor cabang, maka apabila terjadi keluhan/masalah terkait layanan, kita hanya bisa menghubungi Customer Service melalui email. Terkadang responnya pun sangat lambat.

3. Risiko Berganti Nomor

Pemilik akun DANA dianjurkan agar tidak mengganti nomor handphone yang terverifikasi sebelumnya. Menurut beberapa kasus, pengguna kehilangan saldo ketika mengubah nomornya.

4. Kurang Menjangkau Usaha Kecil

Dompet elektronik ini hanya relevan bagi para pebisnis atau pengusaha menengah ke atas, kenapa demikian? Karena sebagian besar dari pemilik usaha kecil selalu gagal approved pada saat mengupload identitas mereka.

5. Limit Hutang Kecil

Pinjaman dengan limit hutang yang begitu kecil sekitar 500 ribu - 1 juta Rupiah. Ditambah lagi, jangka waktunya sangat singkat yakni hanya satu bulan.

Jika dalam periode tersebut belum dapat dikembalikan, maka pinjaman berikutnya akan menurun. Sebaliknya, kalau selalu tepat waktu kredit secara perlahan dinaikan.

6. Tanpa Feed Back

Bentuk kekurangan DANA lainnya yaitu tanpa adanya Feed Back, dimana ketika pengguna melakukan deposito dalam jumlah puluhan juta tidak mengalami penambahan. Biasanya, kalau di Bank volume uang akan bertambah menyesuaikan suku bunga.

Apakah DANA Premium Berbayar?

Tidak, status Premium ini bisa didapatkan secara mudah tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun alias 0 Rupiah. Tetapi, kamu wajib memverifikasi data dengan melampirkan e-KTP.

Caranya: Klik ikon profile, dibagian akun pindahkan dari Personal ke Bisnis > Daftar sekarang > Upgrade > Pindai/scan pengenalan wajah + KTP Anda.

cara membuat akun dana premium

Ikuti petunjuk selanjutnya sampai mendapat persetujuan oleh pihak admin. Jika belum berhasil, ulangi proses verifikasi seperti awal.

Catatan: Verifikasi gagal apabila e-KTP rusak/tidak terbaca, NIK dan dokumen pendukung tak sesuai dengan foto KTP/selfie.

Apakah Aplikasi DANA Harus Punya Rekening?

Dalam persyaratan kita memang tidak diharuskan memiliki rekening Bank, namun untuk memudahkan penerimaan maupun penarikan saldo sebaiknya ya.

Berikut cara kirim dan tarik uang tanpa mempunyai rekening.

  • Pencet menu Kirim di beranda, lalu tab Send to Teman > Pilih Nomor Tujuan.
  • Masukkan nominal pengiriman > Konfirmasi pembayaran > Tekan tombol Lanjut.

Sedangkan untuk mengambil uang tunai bisa dilakukan lewat Alfamart maupun pegadaian tapi dengan syarat akunmu sudah menjadi Premium.

  • Klik Tarik Cash > Tarik Saldo di Semua Layanan.
  • Pilih agen penarikan apakah Alfamart, Indomaret, Lawson, atau Pegadaian > Tentukan nominalnya > Tampilkan Token.
  • Silahkan kunjungi agen tersebut lalu tunjukan nomor ponsel dan token ke kasir.

Penutup

Dengan cara mendaftar dan menggunakan aplikasi DANA seperti uraian diatas, Anda dapat menikmati berbagai keuntungan terutama tentang transaksi online yang semakin mudah.

Bahkan terlihat jelas bahwa platform e-Wallet ini sungguh menarik perhatian bagi seluruh kalangan sebagai alat pembayaran digital utama mereka.

Post a Comment for "Cara Mendaftar dan Menggunakan Aplikasi DANA"