Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang ROOT - CWM Samsung Galaxy V SM-G313HZ

cara pasang root cwm galaxy v sm-g313hz

Cara Pasang ROOT - CWM Samsung Galaxy V SM-G313HZ (KitKat) tanpa dan lewat PC sebagai rekomendasi buat Anda.

Jejakterkini.com - Gal-V adalah tipe Samsung kelas bawah yang memiliki spesifikasi rendah (RAM 512 dan ROM 2GB) tetapi cukup banyak penggunanya. Lebih detailnya lihat laman: Ubergizmo.

Dengan spek low-end tersebut tentu saja Flagship ini mempunyai keterbatasan perihal sumber daya, jadi wajar dong mereka mencari solusi bagaimana meningkatkan performanya.

Diantaranya menginstal ROOT atau CWM di SM-G313HZ. Nah jika Sobat sedang mencari tutorialnya, maka kamu sudah berada pada jalur yang tepat. So, terus aja baca sampai selesai untuk mengetahui jawabannya.

Disini, kami mencoba menawarkan dua prosedur berbeda, pilih aja yang sesuai menurut referensi mu.

Secara garis besarnya, ini sangat mudah dipraktikan bahkan lebih hemat waktu. Namun, Sobat hanya perlu mengunduh beberapa aplikasi/software.

Apa Keuntungan Pasang Root dan CWM?

Pada umumnya, menginstalasi modul ClockWorkMod serta perangkat akar (ROOTING) akan membawa banyak manfaat ke Gal V Anda.

Mulai dari opsi pengguna tingkat lanjut hingga optimasi kinerja ponsel, berikut beberapa gambaran singkatnya:

  • Menonaktifkan "hibernasi" aplikasi sistem yang berjalan di latar belakang, sehingga memungkinkan untuk menghemat proses pemakaian baterai atau RAM.
  • Dapat menghapus app default (Bloatware) agar memperluas ruang penyimpan internal/memori telepon.
  • Mendukung pemasangan berbagai Tweak seperti hemat baterai, RAM, Game, Multi-tasking, Stabilisasi prosesor, Init-d, Build prof, dsb.
  • Kemampuan menginstall Custom ROM, Kernel, aplikasi Rooting, dan jenis file yang tidak tersedia di Stock Recovery.
  • Swap SD card untuk memanipulasi internal menjadi eksternal memori.

Nah disamping kelebihan tersebut, bukan berarti bahwa dia bebas dari risiko Guys? Pastinya ponsel mu akan kehilangan garansi.

Tapi nggak apa-apa, itu hanya masalah kecil dan lagian HP-nya juga sudah jadul. Garansinya pun mungkin telah habis bertahun-tahun lalu. hehe.

Syarat dan Dukungan

Sebelum kita meluncur ke tahap eksekusinya, ada sejumlah persyaratan yang wajib kamu perhatikan agar prosesnya berjalan normal. Aspek-aspeknya tertera dalam keterangan di bawah ini.

1. Pastikan Sobat sudah mengaktifkan opsi Pengembang di setelan handphone. Kalau belum, silahkan klik Pengaturan > Tentang Perangkat > Nomor versi > Tekan sebanyak 10 kali supaya mode Pengembang bisa ditampilkan.

2. Kemudian, di bagian "Developer options" aktifkan opsi "Mendebug USB" dengan cara mencentangnya.

3. Beralih ke menu "Keamanan" ceklis "Sumber tak diketahui" untuk memberi izin pada aplikasi pihak ketiga.

4. Isi daya baterai minimal 50 - 70 persen, serta jika perlu backup seluruh data Anda.

Baca Juga: Pasang Tweak Kitana, Performa Android Anda Tambah Ngacir

1. Cara Root Galaxy V (Kitkat) Tanpa PC

Jika semua setingan diatas sudah dilakukan, yok langsung aja kita mulai metode yang pertama ini menggunakan program perangkat lunak dari sumber ke-3 berikut:

1. Pertama-tama, install dan buka 360Root (Jangan lupa aktifkan koneksi internet) > Tab bundaran tengah bertuliskan huruf cina > Aplikasi akan memindai apakah ada ketersediaan Root di HP Anda (Biasanya hanya memerlukan waktu beberapa detik saja).

2. Keluar dari 360Root, lalu pasang dan luncurkan Root Checker, alat ini berfungsi buat memastikan apakah ROOT sudah terpasang atau tidak.

Jika belum, maka silahkan ulangi sekali lagi seperti langkah pertama. Kalau berhasil, selanjutnya adalah pemasangan CWM Recovery.

Pasang CWM

3. Letakkan file Recovery.img ke bagian internal memori/SdCard di luar folder mana pun untuk mempermudah pencarian.

4. Unduh lalu jalankan Flashify, pada menu utamanya pencet fitur "Recovery image" > choose a file > Temukan "Recovery.img" > Pilih opsi "Yup" > Reboot ponsel Anda.

Nah sampai tahapan ini proses instalasi kedua modul telah berhasil dilakukan, namun Sobat perlu memperbarui SuperSu untuk mendapatkan kontrol secara penuh.

Update SuperSu

Karena pemasangan melalui 360Root sifatnya hanya sementara, kita harus mengupdate SuperUser agar menjadi permanen. So, simak tutorialnya Guys.

5. Taruh file SuperSu v1.94 terlebih dahulu di memori SD/telepon. Kemudian, segera matikan HP Agan > Masuk "Recovery mode" dengan memencet secara bersamaan 3 tombol kombinasi Power + Home + Volume up (Kami rasa seluruh pengguna GAL-V telah mengetahuinya).

6. Ketika berada di dashboard CWM, pilihlah "Install zip from sdcard" > Klik SuperSu v1.94 > Yes > Reboot system now.

7. Terakhir, buka Google Play Store > Tekan menu file Saya > Cari dan lakukan update SuperSu. Setelah itu, masuk aplikasi SuperUser > Lalu perbarui binarySu (Pilih mode normal) > Done.

Informasi: Silahkan hapus 360Root, Root Checker, serta Flashify karena sudah tidak dibutuhkan lagi.

2. Cara Root - CWM Galaxy V SM-G313HZ via Odin

Kalau seandainya cara pertama mengalami kegagalan, maka jalan terakhir adalah menggunakan jalur PC.

Jadi, kamu perlu mempersiapkan perangkat komputer, kabel USB, dan beberapa software pendukung. So, perhatikan step-by-stepnya berikut ini.

1. Download dan ekstrak ketiga software berikut ke desktop Anda.


2. Seterusnya, matikan telepon > Masuk download mode dengan menekan tombol fisik secara berbarengan (Home + Power + Vol down). Kemudian, pencet volume up untuk melanjutkan.

3. Koneksikan antara ponsel Android dan PC menggunakan kabel USB.

4. Selanjutnya, instalasi Samsung Drive (Jangan ditutup, biarkan running di background).

5. Jalankan software Odin, jika terhubung dengan benar dia akan menampilkan teks ID.COM berwarna kuning/biru di pojok kiri atas) > Ceklist opsi reboot automatic.

6. Tekan opsi AP atau PDA browse file > Cari CWM Vivalto dimana kamu meletakannya barusan.

7. Klik tombol "Start" > Tunggu proses benar-benar selesai sampai muncul pesan PASS > HP mu akan Reboot secara otomatis.

8. Untuk penginstalan ROOT-nya, ikuti saja UPDATE SuperSU pada langkah ke-5 - 7 seperti diatas.

Catatan: Panduan ini hanya berlaku pada Samsung Gal-V, bukan tipe handset yang lain.

Kesimpulan

Demikianlah, cara Root/CWM Samsung Galaxy V tipe SM-G313HZ Kitkat tanpa/lewat PC. Sekarang, segala kekurangan ponsel yang kamu miliki mampu teratasi dengan dua konsep tersebut. Selamat mencoba.

Post a Comment for "Cara Pasang ROOT - CWM Samsung Galaxy V SM-G313HZ"