Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Akun Bisnis IG ke Pribadi

cara mengubah akun bisnis IG ke pribadi

Bagaimana cara mengubah akun bisnis IG ke akun pribadi? Yuk simak pembahasannya dalam artikel kami berikut ini.

Instagram adalah salah satu media sosial paling populer dengan perkembangan yang sangat pesat setelah diakuisisi Facebook, sekarang telah mencapai lebih dari 1 Miliar pengguna.

Ketika Fitur Instagram Bisnis mulai diluncurkan pada tahun 2014, banyak merek, influencer, hingga pembuat konten dengan cepat beralih menggunakannya.

Daya tarik dari wawasan dan analisis yang mendetail terlalu kuat untuk diabaikan. Belum lagi, akses ke sejumlah besar alat yang terasa lebih komplit seperti statistik terhadap kinerja konten, menghubungi audiens potensial, bahkan meningkatkan visibilitas produk/layanan.

Namun, mungkin Anda akhir-akhir ini mulai mempertimbangkan apakah akan beralih kembali ke akun Instagram pribadi apa pun alasannya.

Meskipun cara mengubah akun bisnis IG menjadi pribadi ini hanya membutuhkan beberapa langkah sederhana, tetapi kamu juga harus mempelajari pro dan kontra sebelum mengambil keputusan penting.

Sebelum itu, silahkan lihat terlebih dahulu sekilas tentang berbagai varian akun yang tersedia di jejaring sosial Instagram.

Jenis Akun Instagram

jenis akun instagram

Instagram menawarkan dua opsi utama kepada penggunanya, yaitu Pribadi dan Profesional.

1. Pribadi

Memungkinkan Anda menggunakan semua fitur dasar termasuk mengunggah Postingan, Reels, Video IGTV, dan Story. Tapi, tidak diperkenankan untuk memantau performa konten atau memiliki akses ke analisis mendalam.

2. Profesional

Selanjutnya, mode profesional ini dibagi kedalam dua jenis kategori: Bisnis dan Konten Kreator. Di mana kamu diberi akses ke harta karun berupa fitur super komplit.

Baca Juga: 3 Cara Menghapus Akun Facebook Anda Dengan Mudah

Perbedaan Akun IG Pribadi dan Bisnis

Tujuan penggunaan utamanya sudah jelas bahwa Pribadi biasanya hanya untuk berbagi foto atau video secara personal, sedangkan bisnis sebagai alat promosi, pemasaran, serta analisis.

Selain itu masih ada beberapa perbedaan lain antara keduanya yang perlu kalian ketahui di bawah ini.

  • Informasi Profile: Pada profil bisnis menampilkan informasi sangat lengkap seperti alamat, jam operasional, tombol hubungi (Kontak), dan email.
  • Pengelolaan Anonim: IG business bisa dikelola oleh beberapa pengguna dengan hak akses yang berbeda, sementara pribadi hanya dikelola satu orang saja.
  • Iklan: Pengguna bisnis bisa memanfaatkan fitur iklan untuk mempromosikan konten ataupun produknya.
  • Analisis Kinerja: Menawarkan kemampuan akses ke data analitik agar membantu mereka memahami grafik konten dan audiens, namun tidak pada akun pribadi.
  • Konektivitas: Account business dapat terhubung langsung dengan Halaman Facebook terkait, sehingga memungkinkan mengelola kedua platform dari satu tempat.

Pro dan Kontra

Bagi sebagian orang, hilangnya wawasan mungkin bukan masalah besar. Tetapi bagi merek profesional yang menjalankan Instagram sebagai platform pemasaran media sosial utama, hal ini bisa menjadi bencana.

Sekali lagi, pilihan akhir bergantung pada kebutuhan atau preferensi masing-masing. Mari kita jelajahi kelebihan dan kekurangan saat mematikan mode bisnis Anda.

Pro

Keuntungan terbesar memiliki profil pribadi adalah memungkinkan untuk menavigasi ke pengaturan "Privasi" sehingga dapat memastikan bahwa postingan hanya tersedia bagi pengikut Anda.

Kita juga bisa menyetujui atau menolak permintaan pengikut agar mengontrol apakah pengguna baru dapat melihat postingan.

Adapun, dampak positif lainnya berupa jangkauan organik akan mengalami peningkatan, mengingat algoritma Instagram yang menekan jangkauan supaya memaksa para pemilik akun bisnis untuk menjalankan iklan.

Sebenarnya, tidak ada data konkrit yang mendukung argumen tersebut, jadi tak bijaksana rasanya jika harus berganti profile dengan tujuan meningkatkan jangkauan organik.

Kontra

Mengubah akun bisnis Instagram ke pribadi itu artinya kamu akan kehilangan wawasan serta analisa mendalam tentang keterlibatan audiens.

Disamping itu, dasbor "Insights" juga tidak lagi dapat digunakan sehingga Anda tak bisa memantau analitik konten. Bahkan, pilihan detail kontak menjadi sangat terbatas dan fitur auto post dinonaktifkan.

Cara Mengubah Akun Bisnis IG ke Pribadi

ketika menu bisnis diperkenalkan, sebagian besar pengguna mulai beralih untuk menggunakannya, pasalnya banyak keistimewaan yang ditawarkan oleh Instagram.

Namun jika Anda berubah pikiran, nggak masalah kok karena bisa dilakukan kapan saja tanpa persyaratan yang merepotkan.

Sama ketika kamu mengubahnya ke bisnis, cara mengembalikan profil menjadi personal pun sama mudahnya. Yuk segera ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Aplikasi Instagram.
  • Pergi ke profil Anda dengan mengetuk ikon di sudut kanan bawah.
  • Seterusnya, tekan menu "Dasbor Profesional" > Tab setelan berbentuk gear di pojok kanan atas.

    dasbor profesional instagram
  • Gulir ke bawah sampai menemukan opsi "Kreator".

    fitur kreator instagram
  • Di dalam menu kreator tersebut, pilih saja "Ubah jenis akun".

    mengubah jenis akun ig
  • Kemudian klik opsi "Beralih ke Akun Pribadi".

    beralih akun pribadi instagram
  • Instagram akan meminta untuk memasukkan alasan mengapa Anda ingin beralih account. Tulis alasan yang sesuai, atau kamu dapat melewati langkah ini jika tanpa diminta > Done.

Catatan: Perlu diingat bahwa ketika Anda beralih akun, beberapa fitur seperti wawasan (insights) maupun promosi mungkin akan hilang. Juga, pastikan kamu telah mencatat atau menyimpan data yang ingin pertahankan sebelum benar-benar mengubahnya.

Manfaat Menggunakan Instagram Bisnis

  1. Seseorang dapat memperluas jangkauan pasar atau meningkatkan visibilitas mereka dan membuat brand lebih cepat dikenal oleh masyarakat.
  2. Memungkinkanmu berkomunikasi langsung bersama konsumen lewat komentar, pesan, hingga sejumlah fitur interaktif lainnya.
  3. Instagram memiliki jutaan pengguna seluruh dunia, sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih luas daripada melalui saluran pemasaran tradisional.
  4. Berbagi konten yang relevan dan menarik adalah cara untuk memperkuat hubungan serta meningkatkan loyalitas konsumen.
  5. Dengan mempromosikan produk atau layanan di Instagram, ini dapat menaikan penjualan bahkan pendapatan Anda.
  6. Platform menyediakan berbagai alat analisis untuk melacak kinerja kampanye pemasaran sekaligus melihat perubahan pada hasilnya.

Kesimpulan

Cara mengubah akun IG dari bisnis menjadi pribadi cukuplah sederhana, karena kamu hanya perlu menavigasikan pengaturan untuk memilih beralih profile sesuai ketersediaan opsi.

Namun bagi seorang pemasar online atau pembuat konten, sebaiknya Anda harus mengevaluasi konsekuensi mengenai peralihan tersebut dan apakah keputusan itu sudah tepat.

Akun personal memang memberi kontrol lebih besar terhadap konten publik, tetapi kita kehilangan akses ke wawasan audiens yang canggih dan alat lainnya.

Post a Comment for "Cara Mengubah Akun Bisnis IG ke Pribadi"