Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengubah Emoji Android Menjadi iPhone

cara mengubah emoji android menjadi iphone

Cara mengubah emoji android menjadi iPhone untuk berkirim pesan maupun bersosial media khusus buat Anda.

Ada sesuatu yang istimewa tentang emoji iOS, bukan? Mereka tampak lebih ekspresif dan halus. Di tambah lagi, kamu mungkin terus-menerus chating dengan pengguna iPhone.

Karena terlihak agak berbeda, ini bisa menyebabkan miskomunikasi atau hanya ingin tampil beda jika menggunakan emo tersebut di perangkat Android.

Apa itu Emoji?

Intinya, ini adalah Piktogram, Logogram, Ideogram atau Smiley yang tertanam dalam teks, biasanya sering dipakai pada pesan elektronik dan halaman web.

Fungsi utamanya sebagai isyarat emosional untuk melengkapi percakapan serta menggantikan kata-kata dalam obrolan dari sistem logografik.

Emoji dapat dikategorikan ke beberapa genre, diantaranya: ekspresi wajah, aktivitas, makanan dan minuman, perayaan, bendera, simbol, tempat, jenis cuaca, hewan, alam, dsb.

Perbedaan Emoji Android dan iPhone

perbedaan emoji android dan iphone

Sebagai bentuk komunikasi modern tidak lengkap rasanya tanpa emoji, bagi para pemakai Android memiliki banyak emo untuk dipilih. Namun selalu ada hal lain yang dirindukan.

Ketika pengguna iOS mengeluarkan emo mereka, mengapa Android tidak mempunyai paket serupa. Meskipun memiliki standar Unicode yang sama, tetapi desain dan interpretasi grafisnya sangat berbeda.

Berikut sekilas tentang perbedaan umum antara iPhone dengan Android terkait emojinya.

  • Desain: Android cenderung menawarkan tampilan yang lebih berwarna bahkan beberapa diantaranya terlihat cukup realistis, sedangkan iOS seringkali bergaya minimalis dan sederhana.
  • Ekspresi Wajah: Secara teknis kedua platform memiliki variasi dari ekspresi wajah yang agak berbeda seperti detail mata, mulut, senyum, sedih, gembira, kaget, dll.
  • Simbol: Perbedaan selanjutnya bisa kita lihat pada simbol dan objek tertentu, misalnya saja: makanan, properti, hingga alat-alat lainnya.
  • Kustomisasi: Pengguna iOS dapat mengubah warna kulit emoji dengan memilih dari berbagai opsi penyesuaian. Di sisi lain, Android tidak memiliki fitur kustomisasi ini.
  • Resolusi: iPhone menawarkan resolusi tinggi dibandingkan Android, sehingga memberikan tampilan yang lebih tajam dan jelas.

Beberapa perbedaan tersebut sepenuhnya dipengaruhi oleh masing-masing platform serta preferensi estetika dari perusahaan pengembangnya.

Baca Juga: Cara Mengubah Akun Bisnis IG ke Pribadi

Cara Mengganti Emoji Android Jadi iPhone

Sebagai salah satu merek kelas atas, iPhone menawarkan ciri khas tersendiri dibandingkan dengan vendor lain diantaranya adalah paket emojinya.

Faktanya, ada sejumlah cara untuk mendapatkannya akses yang sama termasuk ke handpone Android, terlepas dari apakah perangkat Anda sudah di root atau belum dan berikut adalah informasinya.

1. Instal aplikasi Keyboard iOS

Ada aplikasi yang sangat mirip seperti papan ketik Apple serta dirancang untuk memberi pengguna emoji bernuansa iPhone.

Silahkan unduh langsung lewat Playstore, setelah terinstal aktifkan Keyboard tersebut pada pengaturan telepon terlebih dahulu agar dapat digunakan.

Luncurkan aplikasinya, mulailah membuat pesan dan bermain-main dengan emoticon ini dalam percakapan menarik Anda.

2. Pasang Keyboard Lain Bergaya iPhone

green apple keyboard

Selain keyboard diatas, ada deretan aplikasi papan ketik yang memiliki kumpulan emojinya sendiri. Beberapa di antaranya mungkin sangat berbeda dari bawaan handphone Anda bahkan lebih mirip dengan iPhone.

Misalnya saja seperti Fleksy, Swiftkey, FancyKey, Green Apple, dsb.

Untuk panduannya, kami akan menjelaskan bagaimana menggunakan perangkat lunak sumber ketiga bernama Green Apple.

  • Pertama, instal dan buka aplikasinya, lalu ketuk "Aktifkan" di pengaturan.
  • Pilih ganti metode masukan menjadi "Keyboard Apple Hijau" > Done.

3. Mengubah Gaya Font Default

aplikasi zfont3

Bagi ponsel Android yang mendukung perubahan font sistem, ada metode lainnya untuk memberi Anda tambahan emoji. Bahkan, cukup mirip dengan platform seperti Facebook, Windows, Twitter, iOS, dll.

Aplikasi tersebut bernama zFont3, namun perlu kamu ingat bahwa ia hanya berfungsi pada produsen tertentu, termasuk Samsung, LG, Vivo, Xiaomi, Huawei/Honor, Oppo dan Realme.

Berikut cara mengubah emoji Android menjadi iPhone menggunakan zFont di bawah ini.

Pasang zFont3 lewat Playstore, setelah selesai buka aplikasinya. Pada bagian Terms and Conditions ketuk "Agree" dan di External Storage Access pilih "Grant".

akses penyimpanan zfont3

Di sini, kalian akan melihat segala macam paket yang mereka tawarkan contohnya saja "iOS 17.4" terbaru ini. Jika tertarik langsung aja pencet tombol "download".

Tunggu hingga proses pengunduhan berhasil, lalu tab opsi “Apply”.

menerapkan emoji zfont3

Selanjutnya, klik "Instal" sesuai perintah di layar smartphone.

instal emoji ios

Tekan "OK" untuk memuat/restart ponsel Android Anda > Done.

perintah restart ponsel anda

4. Gunakan Dapur Gboard

Gboard tersedia sebagai keyboard default di banyak perangkat Android. Selain menawarkan beragam pilihan emoticon, juga memungkinkan untuk membuatnya sendiri dengan menggabungkannya menjadi satu.

Begini caranya: beralih ke Gboard dari layar pemilihan keyboard default dimana dapat dilakukan cukup sederhana pada menu setelan telepon.

mengganti keyboard default

Setelah berada di menu Gboard, pilih satu atau beberapa emotikon mana yang cocok. Hasilnya bisa terlihat di bagian dapur Gboard untuk dikirimkan ke obrolan.

Pesan dikrim sebagai stiker, bukan emoji langsung. Meskipun demikian, hal ini menambah variasi pada teks Anda.

papan ketik gboard

5. Melalui Magisk Manager (Root Only)

Selanjutnya, ada opsi spesial yang bisa kita manfaatkan dengan mengunduh modul emoji kemudian mem-flash-nya lewat Magisk Manager.

Namun sebelum itu, kamu harus memastikan bahwa perangkat Android telah di-rooting dan menjalankan Magisk versi terbaru.

  • Unduh Modul Emoji iOS dari GitHub.
  • Buka Magisk lewat perangkat Anda yang sudah di-rooting.
  • Ketuk “Opsi lainnya” (tiga garis horizontal atau ikon hamburger) pada sudut kiri atas.
  • Ketuk Modul > Tab ikon "+" untuk menambahkan file yang kamu unduh barusan.
  • Setelah berhasil di-flash, reboot HP Anda > Selesai.

Mengapa Harus Mengubah Emoji Android ke iPhone?

Sekali lagi, emoji adalah metode komunikasi untuk menyampaikan emosi yang terkadang tidak dapat kita ungkapkan dalam teks.

Ikon kecil ini dibuat oleh Konsorsium Unicode dan merupakan bagian dari standar "Unicode". Namun tahukah Anda bahwa setiap perangkat memiliki emojinya sendiri-sendiri.

Meskipun, tersedia di hampir semua tempat, tetapi tidak distandarisasi secara universal. Sehingga, kamu mungkin mengalami beberapa masalah saat mengirimkan pesan.

iOS punya gaya sendiri, sebaliknya Android pun demikian. Kedua platform tersebut ingin emojinya menyatu dengan baik keseluruhan tampilan sistem operasi mereka masing-masing.

Di sinilah segalanya menjadi berantakan, karena Skin keduanya terlihat sangat berbeda, jadi masuk akal jika Anda mau menggunakan emoji yang cocok agar tak salah dalam penafsiran.

Di situs web Emojipedia menunjukkan seperti apa tampilan visual dari Apple, Google, Samsung, Microsoft, dll sebagai perbandingan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Emoji iPhone Tanpa Mengunduh Aplikasi di Android?

Seperti yang baru saja kami sebutkan, pengguna perangkat root memiliki alternatif lain tanpa harus menginstal aplikasi tambahan yaitu dengan mengunduh modul emoji lalu mem-flash-nya. Jadi, lihatlah panduan di atas untuk mengetahui lebih banyak tentangnya.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips mengubah emoji Android ke iphone baik di level sistem lewat rooting maupun dengan memasang aplikasi dari sumber ketiga. Sehingga dapat mempengaruhi bagaimana cara Anda berkomunikasi digital menjadi keren dan menyenangkan.

Post a Comment for "5 Cara Mengubah Emoji Android Menjadi iPhone"