8 Cara Agar Blog Cepat Diterima Adsense, 100% Berhasil | Jejakterkini.com: 8 Cara Agar Blog Cepat Diterima Adsense, 100% Berhasil
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Advertisement

8 Cara Agar Blog Cepat Diterima Adsense, 100% Berhasil

cara agar blog diterima adsense

Cara agar blog cepat diterima Adsense dan alasan kenapa sering ditolak, baik Anda yang baru pertama kali memulai ataupun add site, yok simak penjelasannya.

Jejakterkini.com - Seperti kita ketahui bersama bahwa Google Adsense (GA) adalah puncak dari program periklanan kontekstual teratas dengan pembayaran terbaik bagi para publisher.

Namun, untuk bisa mendapatkan persetujuan kemitraan ini bukanlah perkara mudah, pasalnya harus mematuhi semua kebijakan Google yang super ketat. Jadi tidaklah mengherankan, mereka dan mungkin termasuk Anda selalu ditolak karena kurangnya pengetahuan maupun pengalaman.

Perlu diingat! Google ingin memastikan bahwa setiap pemohon benar-benar layak menjadi partner. So, sekali lagi penting untuk memahami "TOS" sebelum kamu mengajukan pendaftaran.

Supaya lebih jelas, silahkan baca halaman kebijakan berikut ini: Persyaratan kelayakan AdSense

Apa Penyebab Sering Ditolak Adsense?

Google memfilter setiap situs yang diizinkan untuk menggunakan AdSense. Ketika kita mendaftar, ia akan meninjau semua elemen dalam web kemudian mencari kemungkinan pelanggaran.

Jika ditolak, pastinya telah melanggar kepatuhan "TOS" dong! Biasanya pesan dikirim melalui email yang berisi "situs Anda belum siap menampilkan iklan."

Isi pesannya terkadang bervariasi, seperti Konten tidak memadai, Low value, atau bahkan tak dijelaskan secara spesifik.

Nah, untuk permasalahan terakhir inilah yang membuat banyak orang bertanya-tanya tentang apa tingkat kesalahan mereka.

Ok, berikut beberapa penyebab sering ditolak Adsense paling umum sebagai bahan evaluasi buat Anda.

1. Blog Masih Baru

Hal pertama yang menjadi acuan ketika seseorang melamar ke Adsense adalah usia website. Google tidak mau bermitra dengan situs baru, pasalnya dari segi teknis bahwa itu dianggap tak memberi banyak manfaat baik bagi pengunjung maupun pengiklan.

Beberapa orang menyarankan, sebaiknya daftarlah saat umur blog sudah mencapai 6 bulan. Kalau belum, fokuskanlah pada pengembangannya dan memperbanyak konten terlebih dahulu.

2. Kualitas Konten Sangat Buruk

Google secara ekflesif menyatakan bahwa konten yang buruk tidak layak bersanding dengan jaringan periklanan mereka. So, buatlah artikel berkualitas yang dapat menguntungan semua pihak baik pengunjung maupun search engine.

Beberapa aspek dalam kontek berkualitas jelek meliputi:

  • Postingan terlalu pendek, sehingga tidak memberi banyak nilai manfaat.
  • Tata bahasa/grammar tak relevan, ini termasuk ejaan salah ketik, sampai kata-kata yang mengandung unsur kekinian (Gaul).
  • Terlalu banyak memasukkan keyword, gambar, atau video, menjadikan isi konten keseluruhan kurang memadai.
  • Artikel salinan/copy paste.

3. Struktur Web Kurang Lengkap

Penyebab penolakan Adsense berikutnya adalah karena halaman pendukung dan navigasi tidak ada, seperti About me, Contact, Disclaimer, atau Privacy Policy.

Selain itu, skema maupun penempatannya juga harus jelas, agar mempermudah ditelusuri oleh pengunjung Anda.

4. Konten Mengandung Unsur Sensitif

Halaman AdsPolicy dengan tegas menyebutkan: konten yang mengandung subjek sensitif otomatis akan ditolak.

Pasalnya, ini bisa mengurangi citra mereka dimata para pengiklan. Meskipun hanya berupa kata-kata, apalagi blog tersebut membahasnya secara langsung.

Beberapa subjek itu dapat kamu simak pada gambar dibawah ini:

kebijakan adsense

5. Template tidak Mobile Friendly

Alasan sering ditolak Adsense juga erat kaitannya dengan penggunaan template, karena ia sangat berpengaruh pada level profesionalitas serta kecepatan.

Dimasa sekarang, ketika sebagian besar orang lebih cenderung mengakses situs melalui handphone. Maka, sebagai pemilik blog kita wajib menyediakan web berbasis ramah seluler.

Selain itu, penerapan template responsive mobile friendly turut membantu memaksimalkan SEO Anda di SERPs.

8 Cara Agar Blog diterima AdSense

Sebagai pendatang baru, kami rasa wajar saja jika Sobat mengalami penolakan Adsense berkali-kali, bahkan hampir semua blogger pun mungkin pernah mengalaminya.

Intinya, jangan pernah menyerah dan terus mencari tahu apa kekurangannya kemudian terus mencari informasi supaya bisa segera memperbaikinya.

Nah menurut pengalaman admin selama mengikuti proses pendaftaran GA, ada sejumlah kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemula, diantaranya seperti penjelasan diatas.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara agar diterima dengan cepat sebagai publisher Google AdSense? Yok ikuti tips rahasianya dibawah ini.

1. Pastikan Usia Blog dan Postingan Sudah Cukup Memadai

Pertama, faktor ini akan sangat mempengaruhi hasil peninjauan, bahkan lebih besar peluangnya untuk di approve.

Google menginginkan web yang benar-benar siap, hingga memastikan bahwa ia memang layak berpartisipasi dalam program mereka.

Di beberapa negara dimana pengiklan tidak menerima domain yang berusia dibawah 6 bulan, terutama di negara berkembang seperti Asia dan Afrika.

Oleh karena itu, sebaiknya Sobat mendaftarkannya saat sudah berumur sekitar enam bulan. Meskipun, ada sebagian kecil yang diterima kurang dari 3 bulan.

Sedangkan soal jumlah konten itu bervariasi, tetapi berdasarkan pengalaman kami buatlah minimal 20 - 25 buah, semuanya telah terindeks di Search Console.

2. Buatlah Konten Original (Asli) dan Panjang

Cara mudah diterima AdSense selanjutnya adalah dengan membuat artikel yang benar-benar 100% unik hasil tulisan mu sendiri alias jangan copy paste.

Rata-rata pemilik website membawa karya cipta mereka masing-masing, walaupun membahas tentang topik serupa. Namun, bentuk penyajiannya berbeda-beda.

Juga, hindari pemuatan gambar atau video yang dilindungi hak cipta. Jika ada, hapus/ganti dengan buatanmu sendiri yang bebas copyright.

Disamping itu, bikinlah yang panjang sekitar 800 - 1000 kata. Kalau tidak, kamu akan menerima pesan penolakan "Low value."

Selain bagus sebagai nilai SEO, ini memberi ruang memadai untuk menempatkan beberapa unit iklan. Bahkan, sangat bermanfaat bagi para pembaca Anda.

Informasi: Silahkan cek keaslian konten mu disini: SiteLiner

3. Gunakan Satu Niche

Meskipun Google belum secara jelas menyatakan tentang hal ini, tapi menilik banyaknya penolakan, para pakar berpendapat bahwa Niche juga berpengaruh terhadap proses peninjauan.

Kenapa begitu? Karena niche campuran (Istilahnya: Gado-gado) akan menyulitkan dan membingungkan pengunjung. Bahkan, Google merasa kesulitan saat menganalisa termasuk dalam kategori apa blog Anda. Jadi sekali lagi, terapkanlah satu Niche/topik saja.

4. Jangan Memasukkan Link dalam Halaman

Secara teknis, mengikutsertakan tautan internal pada setiap halaman post adalah salah satu teknik SEO. Namun, dalam kontek pendaftaran Adsense itu bisa menyebabkan kalian ditolak.

Sebenarnya hal ini masih menjadi perdebatan lho? Tetapi menurut pengalaman penulis bahwa dengan menghilangkan seluruh link internal turut andil dari lolosnya peninjauan GA.

5. Gunakan Template Mobile Friendly dan Struktur Web yang Rapi

Cara agar blog cepat diterima Adsense seterusnya adalah penerapan tema responsive yang kompatibel diberbagai peramban maupun perangkat apapun.

Kemudian buat halaman pendukung, seperti About Me, Contact, Privacy Policy, Disclaimer, dan Sitemap secara terpisah dengan kategori/label utama.

Kamu bisa meletakkan di bagian header atau footer. Plus, tambahkan pula artikel populer, arsip blog, hingga profile di sidebar.

Namun pastikan bahwa semuanya harus mudah dinavigasi, supaya pengunjung dapat menelusuri isi keseluruhan dari situs Anda.

Sedangkan untuk pemilihan warna template, pakailah yang tidak terlalu mencolok/berlebihan. Cukup pakai 2 - 3 warna saja.

6. Periksa Kecepatan (PageSpeed) Website Anda

Google melakukan banyak kriteria penilaian, termasuk diantaranya adalah pemuatan kecepatan laman. Nah, jika loadspeednya rendah, maka kecil kemungkinan akan diterima.

Menurut penelitian, bahwa situs yang lambat itu lebih cenderung untuk ditinggalkan, tentunya bisa berdampak buruk bagi pengiklan serta pengunjung Anda.

Silahkan lakukan pengujian di PageSpeed Insights. Kalau skornya rendah (Low) atau sedang (Medium), maka segera tingkatkan dengan cara menghapus beberapa widget dan kompres gambar.

Pertanyaannya, berapa skor minimum untuk kriteria Adsense? Google menghitung waktu loading menggunakan API Timing Navigasi sebagai sampel trafik dari halaman Anda.

So, ambang batas pagespeed yang diperlukan baik untuk mobile/desktop berkisar 90 (High) keatas. Bagi pengguna platform Blogspot, Sobat dapat mengatur tema ke perangkat seluler (Lihat gambar).

setelan tema seluler

7. Periksa Kesehatan Blog Anda

Selain karena faktor umur domain dan jumlah postingan yang masih sedikit, kesehatan web juga menyebabkan sering ditolak Adsense.

Faktanya, banyak dari mereka yang harus menunggu waktu lama untuk mendapat kepastian apakah diterima atau tidak.

Dalam kasus ini, cobalah cek blog kamu di search console, jika menemukan sejumlah kesalahan perayapan (Tautan rusak/status error 404) maka segera lakukan perbaikan.

Selain berpengaruh pada waktu peninjauan, juga berdampak terhadap SEO secara keseluruhan.

cek kesehatan blog

8. Perbarui Konten Secara Rutin

Cara cepat di approve AdSense bagian terakhir adalah sering-seringlah mempublish artikel baru. Pasalnya, jika jarang atau bahkan tidak sama sekali melakukan pembaruan konten dianggap tak konsisten sekaligus produktif.

Selama proses persetujuan, mesin perayapan akan memindai setiap situs pemohon agar mengetahui kualitas serta pembaruan postingan terakhir.

Disarankan, publishlah artikel sebanyak 1 - 3 buah perhari supaya kesempatanmu diterima semakin besar. Disisi lain, selalu mengupdate konten secara teratur merupakan langkah cerdas dalam menjaring banyak trafik organik.

Catatan: Setelah melakukan perbaikan, jangan tergesa-gesa untuk mengajukan ulang. Tunggu 1 - 2 minggu berikutnya.

F.A.Q

Bisakah Subdomain Seperti BlogSpot Disetujui?

Ya, buktinya banyak pengguna BlogSpot lolos monetesasi, namun pada saat ini hanya platform blogger saja. Jadi, untuk subdomain lain tidak bakalan diterima, kecuali Sobat menghosting ke domain LTD.

Apakah Email yang Pernah Ditolak Masih Bisa Didaftarkan ke Adsense?

Tentu, meskipun email tersebut sudah berkali-kali ditolak, kecuali pernah di banned. Pastinya, kalian harus memakai email baru untuk mendaftar ulang.

Kenapa Saya tak Kunjung Mendapatkan Pemberitahuan dari Adsense?

Seperti kami uraikan diatas, banyak faktor yang menyebabkan permohonanmu digantung, pasalnya dianggap belum memenuhi kriteria. So, jalan terbaik adalah terus fokus memperbanyak konten sembari menunggu.

Kesimpulan

Menjadi publisher adsense merupakan impian bagi setiap blogger di seluruh dunia, tapi untuk memperoleh persetujuan itu bukan perkara mudah. Karena, banyak persyaratan yang wajib dipenuhi.

Namun, jika mengikuti standar yang telah ditetapkan oleh Google, maka bukan mustahil lagi kita dapat berpartisipasi di program periklanan mereka.

Akhirnya, 8 cara agar blog cepat diterima Adsense ini sebagai referensi buat Anda yang ditolak berkali-kali ataupun baru saja mau memulai.

Post a Comment for "8 Cara Agar Blog Cepat Diterima Adsense, 100% Berhasil"

Advertisement
Advertisement
Advertisement