Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Cara Mempercepat Koneksi Internet Android, 100% Work

cara mempercepat koneksi internet hp android

Cara mempercepat koneksi internet Android agar lebih stabil atau tidak lemot tanpa/lewat ROOT dijamin 100% work.

Jejakterkini.com - Tidak dapat disangkal bahwa Internet memainkan peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia modern dan telah berhasil membawa perubahan ke penjuru dunia.

Dalam skenario terbaru, hampir setiap jenis pekerjaan maupun berbagai aktivitas lainnya bisa dilakukan dengan bantuan Internet. Terlepas dari domain kehidupan, semua orang membutuhkannya, apakah di smartphone atau sistem komputer mereka.

Siswa memerlukan akses ke bahan belajar dan para karyawan kantoran harus memenuhi janji untuk menyelesaikan pekerjaannya masing-masing.

Sedangkan kita sendiri, butuh yang namanya hiburan baik dalam bentuk Musik, Game, Video, menjelajahi Web ataupun Bermedia sosial via online.

Karena alasan itulah, terhubung ke sinyal yang kuat adalah syarat utama agar segalanya dapat terselesaikan dengan mudah. Sebagai contoh, jika jaringan lelet tentu saja Anda akan dibuat jengkel, frustasi bahkan tujuan tak mungkin tercapai.

Penyebab Koneksi Internet Lemot

Berdasarkan sejumlah besar kasus, ada beberapa faktor yang mempengaruhi penurunan kecepatan, diantaranya:

  • Penerimaan frekuensi signal buruk.
  • Kebanyakan aplikasi berjalan di latar belakang dan penumpukan file cache.
  • Browser web terlalu berat serta tanpa fitur adblock.

9 Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

Nah jika Anda mengalami hal serupa, maka cobalah untuk mengikuti beberapa kiat sederhana dari kami berikut, atau bisa juga mengunjungi: Cara memperkuat sinyal HP yang lemah.

1. Reset Jalur Akses

Saran pertama adalah melalui pengaturan ulang akses poin. Cukup sederhana tetapi seringkali menghasilkan manfaat luar biasa. Mungkin, sebagian orang belum mengetahuinya.

Setiap operator seluler memiliki nama jalur yang berbeda-beda dan speednya pun bervariasi. Buka settingan telepon > Ketuk "Jaringan lainnya.

pengaturan jaringan seluler

Kemudian, tab "Nama poin akses" > Reset ke default dengan menekan 3 strip/titik dibagian sudut kanan atas layar (Tergantung model ponsel).

reset poin akses android

2. Pilih Jaringan 3G atau LTE

Sebagai pengguna smartphone, kita tentu menyadari bahwa fakta 3G mempunyai kecepatan jauh lebih baik daripada 2G. Bahkan berkat kemajuan teknologi, sekarang layanan 4G telah melampaui seluruh koneksivitas yang pernah ada sebelumnya.

Oleh sebab itu, kamu dapat meningkatkan pengaturan jaringan telepon melalui opsi 3G/LTE bukan 2G. Hal ini menunjukkan bagaimana mengoptimalkan data seluler secara langsung.

3. Hapus Cache dan Aplikasi Tidak Terpakai

Cara memperkuat koneksi internet selanjutnya adalah dengan melakukan penghapusan file cache + aplikasi jarang dipakai. Kadangkala, caches bisa menjadi sumber masalah pada handphone masakini, apalagi sudah menumpuk.

Pergi ke setelan ponsel > Storage > Temukan "Cached Data lalu hapus. Secara otomatis dapat menggunakan Clean Master, Ccleaner, atau DU Speed Booster.

hapus cache data aplikasi

Sedangkan, memiliki banyak aplikasi juga tak sepenuhnya ideal. Apalagi, bagi perangkat minim sumber daya "Low-end."

Disamping menguras ruang memori, mereka akan memperlambat kinerja sistem sekaligus internet Anda. Jadi, hapuslah yang tidak/jarang dipakai.

4. Pilih Browser Web Ringan dan Solid

Teknik lainnya agar sambungan data mobile Anda menjadi optimal adalah menggunakan peramban web yang ringan.

Browser memainkan peranan penting dalam hal meningkatkan daya jelajah web. Selain soal kecepatan, setiap pengembang biasanya telah menyediakan berbagai fitur khusus termasuk adblock.

Pasalnya, mode adblock sangat berguna untuk menyembunyikan seluruh unit iklan, sehingga aktivitas online Anda tidak terganggu.

So pasanglah Puffin Pro, Kiwi Browser, Microsoft Edge, atau buka laman rekomendasi berikut: Browser Android Paling Solid.

5. Nonaktifkan Gambar

Langkah seterusnya yaitu mematikan ekstensi gambar pada browser. Menerapkan mode hanya teks saja, berarti mencegah halaman web memuat foto, karena ini merupakan bagian terbesar dari lalu lintas internet.

Ketika peramban mulai mengabaikan gambar, maka waktu pemprosesan laman "Loading" menjadi sangat cepat bahkan menghemat pemakaian kuota data.

6. Jangan Gunakan Antivirus dan VPN

nonaktifkan vpn dan antivirus

Kalau kamu bertanya-tanya mengapa jaringan begitu lemot, kemungkinan besar telah terjadi perubahan dalam internal smartphone itu sendiri.

Satu alasan pasti adalah pemakaian VPN atau Antivirus. Meskipun kita tahu bahwa kedua layanan tersebut memberikan keamanan plus privasi secara online.

Namun faktanya, memilih mereka dapat menyebabkan efek yang buruk, kecuali Sobat berlangganan fitur Premium. Jadi, hindarilah sebisa mungkin. Kalaupun sudah terlanjur menginstalnya cobalah agar menonaktifkannya sementara waktu.

7. Pasang Aplikasi Penguat Sinyal

Trik ketujuh adalah menginstalasi aplikasi pihak ketiga. Serangkaian perintah optimisasi dengan menjadikan browser sebagai prioritas utama.

Meskipun pada dasarnya masih ditentukan oleh provider seluler. Namun, paling tidak kita dapat mengambil sedikit keuntungan darinya.

Saran: silahkan download APK penguat sinyal gratis seperti Net Optimizer atau Faster Internet 2x di Google Playstore.

8. Ganti ISP

Jika mengalami masalah inkonsisten dengan kecepatan inet, cobalah berganti operator seluler. Sebagian besar provider tanah air mungkin tak dapat melayani jaringan secara maksimal dibeberapa wilayah.

Terkadang, di lokasi A operator 1 sangat kuat, sementara pada area lainnya dia begitu lemah. So, silahkan berganti ISP yang sekiranya cocok dimana tempat kamu tinggal.

9. Install Tweak

Khusus bagi pengguna ROOT, kami mempunyai solusi terbaik dalam menangani persoalan jaringan HP melalui sebuah tweak.

Pasanglah Tweak Kitana untuk memperlancar arus internet agan. Selain itu, dia juga mampu kita andalkan sebagai alat optimasi melalui serangkaian fungsi penyesuaian hingga kontrol elemen apapun dengan praktis dan efisien.

Mencakup: meningkatkan RAM, menstabilkan CPU, menghemat Baterai, memperlancar bermain Game, mengurangi LAG saat Multitasking, dsb.

Kesimpulan

Demikianlah cara mempercepat koneksi internet di Android tanpa/lewat ROOT. Jika satu tranmisi belum membuahkan hasil, silahkan berpindah ke trik selanjutnya. Semoga bermanfaat dan tuliskan komentarmu kalau ada pertanyaan.

Post a Comment for "9 Cara Mempercepat Koneksi Internet Android, 100% Work"