Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Memperkuat Sinyal HP yang Lemah

cara memperkuat sinyal hp yang lemah

Bagaimana cara memperkuat sinyal HP yang lemah di daerah terpencil, dirumah atau perkotaan? Silahkan simak informasinya langsung dipostingan ini.

Jejakterkini.com - sinyal adalah alat utama untuk terhubung ke berbagai aktivitas di Handphone, seperti mengirim SMS, panggilan telepon hingga mengakses layanan internet.

Sebagian besar pengguna bahkan mengandalkan jaringan seluler agar dapat tersambung dengan rekan kerja, teman maupun keluarga.

Penelitian menunjukkan bahwa 80% masyarakat Indonesia memiliki ponsel, dan lebih dari separuhnya telah beralih menggunakan teknologi smartphone.

Masalahnya, kualitas signal tidak merata tergantung dimana tempat tinggal kita, tak terbatas pada pedesaan saja, diperkotaan pun bisa mengalami koneksi yang buruk.

Apa Penyebab Sinyal Lemah?

Ada beberapa faktor penyebab frekuensi penerimaan jelek serta kurang stabil, seringkali dipengaruhi oleh hal-hal sebagai berikut.

  • Lokasi menara seluler "Tower" terlalu jauh.
  • Hambatan lingkungan seperti gunung, pohon, atau bangunan sebagai penghalang.
  • Antena pemancar dalam telepon sudah bermasalah.

8 Cara Memperkuat Sinyal HP

Semakin meningkatnya kebutuhan orang-orang terhadap penggunaan ponsel cerdas, menjadikannya sebagai bagian tak terpisahkan dalam hidup mereka.

Namun, problem disini adalah bahwa signalnya kadangkala membuat kita frustasi, bahkan menurunkan tingkat produktivitas kerja.

Juga, mengarah pada panggilan/penerimaan telepon dan SMS terganggu, sampai-sampai berdampak buruk dengan sumber daya perangkat secara keseluruhan.

Jika Sobat bernasib sama, kami memiliki beberapa solusi yang mungkin dapat sedikit mengurangi rasa kecewa Anda. Tetapi, tergantung dari sumber masalahnya, so langsung aja baca informasi berikut.

1. Lepaskan Softcase

Pada dasarnya, Softcase adalah alat pelindung ekstra terhadap segala jenis kotoran seperti debu, pasir, serta material lainnya agar body/casing tidak cepat tergores.

Tetapi tahukah kamu? Bahwa menggunakan aksesoris tersebut bisa mempengaruhi penerimaan sinyal dari pemancar BTS ke antena telepon, sehingga gelombang frekuensi sedikit terhalang.

Jadi, pastikan segera mencopot penutup tambahan sementara waktu untuk memberi kapasitas ruang pada jaringan Anda.

2. Hindari Penghalang Antara HP dan Tower Pemancar

Koneksi lemot mungkin juga disebabkan daya frekuensi BTS ke ponselmu terhalang oleh beberapa objek. Jika, kamu lagi dirumah, cobalah beralih mendekati jendela atau ruangan terbuka.

Saran: jauhi dinding/beton, ruang tertutup, peralatan elektronik, logam serta benda padat lainnya yang dapat mengganggu kelancaran penerimaan signal.

3. Hemat Daya Baterai

Cara memperkuat sinyal HP selanjutnya adalah dengan meminimalisir konsumsi baterai. Kalau pemakaiannya boros, maka jangan kaget jika jaringan menurun.

Nah, untuk mengurangi terkurasnya sumber energi lebih cepat, kalian dapat melakukan trik seperti ini.

  1. Tutup aplikasi jarang dipakai terutama mereka yang berjalan dilatar belakang.
  2. Hindari terik matahari secara langsung dan suhu tinggi.
  3. Redupkan kecerahan layar.

Baca Juga: Baterai Ponsel Anda Boros? Simak 9 Cara Mengatasinya

4. Menjauhi Tempat Ramai

Tidak ada keraguan bahwa daerah padat penduduk terutama diperkotaan juga tak luput dari keleletan. Karena, hampir semua orang melakukan hal yang sama.

Kalau internet sudah mulai lemot ketika berada di area keramaian tersebut, cobalah menjauhi sementara waktu. Atau carilah lokasi terdekat dengan menara BTS.

5. Periksa Kartu SIM

Jika saat ini, Sobat melihat bilah signal dibagian atas layar nggak mau full bahkan seringkali menghilang, periksalah SIM card Anda.

Kemungkinan besar bisa disebabkan oleh debu/platinanya agak terkelupas. So, lakukanlah pembersihan menggunakan kain bertekstur halus atau gosok dengan penghapus pensil pelan-pelan.

6. Ubah Jaringan Operator

Bagi sejumlah besar kasus, kekuatan sinyal tergantung pada operator seluler serta tingkat efisiensi cakupannya di wilayah mereka berada.

Untuk mengetahui provedor mana yang memiliki internet paling kencang dan stabil, beli beberapa kartu SIM dari operator berbeda. Kemudian, silahkan cek satu per-satu.

7. Pasang Aplikasi Penguat Sinyal

Bagi pengguna Android, ada berbagai alternatif terbaik dalam membantu meningkatkan kekuatan jaringan seluler mereka.

Namun disini, kami merekomendasikan sebuah aplikasi paling ampuh dimana telah diunduh oleh banyak orang bernama Mobile Network Signal Booster.

Program tersebut sangat mudah dioperasikan meskipun Sobat baru menggunakannya. Hanya dengan menekan tombol “Start” maka signal bar agan langsung penuh.

Disamping mampu mengoptimalkan tingkat bar secara signifikan, APK penguat sinyal ini juga mendukung mode orientasi potret atau lanskap, serta bebas tanpa iklan.

Bahkan, kompatibel ke layanan apapun, termasuk 4G, H+, 3G/2G yang menjalankan sistem operasi perangkat 4.1+.

8. Membuat Alat Penguat Sinyal Sendiri

Terakhir, cara memperkuat sinyal HP yang lemah dapat dilakukan melalui suatu ide kreatif jika Anda kebetulan di daerah terpencil atau kawasan kurang berkembang.

Nilai plus adalah kita nggak memerlukan biaya yang besar melainkan cukup bermodalkan dengan memanfaatkan barang-barang rongsokan.

Bahan-bahan

  1. Kaleng Soda
  2. Klip Kertas
  3. Lilitan Tembaga
  4. Hanget dari Tembaga
  5. Antena Radio tidak terpakai
  6. Tutup Panci/Wajan
  7. Kawat

Tutorial Sederhana

  • Solder ujung kawat tembaga ke socket antena HP. Sebelum itu, luruskan terlebih dahulu klip papernya dan agak dibengkokkan sedikit ujungnya menggunakan tang.
  • Supaya merekat, selotip bagian klip itu pada body handphone Anda.
  • Lakulan langkah yang sama untuk menyambungkan soket antara antena ponsel ke radio.
  • Jangan Lupa ikat dengan kawat wajan/tutup panci ke ujung anten radio.

Bagaimana Guys, gampang banget bukan? Kamu bisa langsung mempraktekkannya dirumah.

Baca Juga: Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

Penutup

Dibutuhkan sedikit investigasi untuk mencari tahu mengapa cakupan jaringan itu tidak dapat diandalkan, kemudian berinvestasi menemukan kiat-kiat khusus dalam mempersonalisasi layanan agar tak terputus-putus.

Melalui 8 Cara memperkuat sinyal HP yang lemah ini, kami berharap mampu memberikan solusi buat Anda meskipun masing-masing prosedur memiliki pro dan kontra.

Post a Comment for "8 Cara Memperkuat Sinyal HP yang Lemah"