Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Mengubah Subtitle Inggris ke Indonesia di Android

cara mengubah subtitle inggris ke indonesia di android

Cara mengubah Subtitle Inggris ke Indonesia di Android dengan melakukan terjemahan sendiri pada film/anime keluaran terbaru atau lama.

Jejakterkini.com - Menonton film adalah sebuah hiburan yang menyenangkan dan mengaksikan, bahkan sebagian besar orang sangat menyukainya.

Berkat kecanggihan teknologi smartphone, mereka tak perlu lagi harus ngantri di Bioskop atau membeli kaset DVD hanya untuk menikmati film favorit.

Melainkan, cukup bermodal HP Android saja seseorang sudah bisa menikmatinya, meskipun memiliki banyak kekurangan seperti layarnya yang kecil. Namun, paling tidak tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

Di dunia internet, ada berbagai situs web yang menawarkan paket pengunduhan lengkap tentang movie Hollywood, Blockbuster, Drakor, Bolywood, hingga anime Jepang secara gratis.

Demikian, kita terbebas dari biaya berlangganan bulanan serta tanpa diwajibkan registrasi member untuk mendapatkan fitur premium.

Hanya melalui beberapa klikan, maka video apapun bisa mendarat di Handphone dengan mudah, kemudian tonton deh sepuasnya dalam mode offline.

Disamping itu, hampir semua website lokal biasanya telah memasukkan metode Hardsub agar pengguna tidak usah repot-repot lagi mengunduhnya secara terpisah.

Apa itu Subtitle?

Menurut MerriamWebster, Subtitle adalah teks terjemahan yang berasal dari transkrip atau skenario dialog dalam film, program televisi, video game, dan sejenisnya, umumnya ditampilkan dibagian bawah layar.

Ini berfungsi untuk membantu pemirsa mengetahui isi percakapan terutama bagi konten berbahasa asing agar mereka lebih mudah memahaminya.

Nah, terus bagaimana ketika mengunduh movies dari situs luar yang belum ada Sub Indo-nya? Hal tersebut tentu saja sedikit mengeluarkan energi tambahan, termasuk mencari teks, translate, kemudian menggabungnya sendiri.

Namun bagi sebagian orang, praktik seperti ini jauh lebih efektif, karena dalam beberapa kasus video hardsub kadangkala agak ngaco, berantakan, tidak sinkron bahkan timingnya kurang pas.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengubah Subtitle Inggris ke Indonesia itu? Jika Sobat belum mengetahui secara pasti, maka silahkan baca postingan ini sampai akhir untuk menemukan jawabannya.

Baca Juga: 3 Cara Nonton Film/Video di Telegram Sub Indo

Alasan Translate Subtitle Sendiri

Selain faktor diatas, ada beberapa alasan lainnya mengapa seseorang memutuskan untuk menterjemahkannya sendiri, diantaranya sebagai berikut:

  • Pertama, adanya kesalahan penafsiran bahasa atau bukan sesuatu yang kamu kuasai. Jadi, dengan mentranslatenya sendiri akan menambah lebih banyak manfaat bagi Anda.
  • Terdapat kata-kata asing dan konteknya tidak jelas seperti bahasa kekinian atau gaul, sehinga membuat Anda merasa kurang nyaman.
  • Tidak semua film menawarkan sub Indo bahkan khususnya keluaran terbaru biasanya hanya menampilkan bahasa asing. Oleh karena itu, perlu diconvert terlebih dahulu sebelum mulai ditonton.

2 Cara Mengubah Subtitle Inggris ke Indonesia Online

Sekarang, kami akan mencoba menunjukkan tentang bagaimana menterjemahkan teks asing ke lokal secara otomatis kepada Agan.

Demikian, kita nggak harus melakukannya via manual, sebab sudah jelas dapat menyita waktu serta pikiran Anda. Prosedurnya bisa langsung kalian praktikan melalui HP Android, tetapi yang perlu diperhatikan adalah:

  • Persiapkan/unduh file lebih dulu baik dalam format SRT, SUB, atau ASS agar terbaca oleh alat pemutar video. Biasanya, sebagian besar pengguna mencarinya disini: SubScene dan OpenSubtitle.
  • Kemudian terpasang aplikasi media player pihak ketiga yang support penambahan subtitle seperti MX Player, VLC, dsb. Namun, kalau ponsel Anda telah mendukung fitur "add teks" default, maka abaikan saja.

So, segera simak cara menterjemahkan subtitle Inggris menjadi Indonesia di bawah ini.

1. Menggunakan SubtitlesTranslator

Sebuah tool online gratis pengubah teks ke dalam 80 bahasa berbeda dimana memiliki basis situs web. Kompatibel dengan bermacam-macam ekstensi, mencakup SRT, VTT, STL, SBV, SUB, ASS, dll.

Juga, kita bisa memasukkan 20 file sekaligus, serta didukung oleh layanan Google translate. Sehingga mampu membuat terjemahan menjadi sangat baik, sempurna, mudah, dan cepat tanpa memakan waktu.

1. Silahkan buka SubtitlesTranslator > Setelah berada di menu utama, langsung aja tekan tombol "UPLOAD" > Masukan berkas yang ingin kamu convert > Ketuk "NEXT."

upload file subtitlestranslator

2. Pada halaman berikutnya, klik opsi bahasa terjemahan "Pilih Indonesia."

pilih bahasa subtitlestranslator

3. Setelah itu, gulir kebagian bawah sampai menemukan "TRANSLATE," lalu tunggu proses konversi selesai.

proses translate subtitlestranslator

4. Jika sudah berhasil, pencet "ACCEPT" untuk melanjutkan atau "CANCEL" buat membatalkan > Tab "Select Subtitles" > Pilih judul file unggahan tadi > Tekan kembali "NEXT."

select file subtitlestranslator

5. Seterusnya, ketuk tombol "DOWNLOAD" agar langsung dapat disimpan ke memori perangkat Agan. Kalau muncul notifikasi seperti gambar ini, klik aja tulisan berwarna merah "Not Donation" dipojok paling bawah.

download file subtitlestranslator

2. Via TranslateSubtitles

Ini adalah mesin convert teks online terbaik lainnya yang tersedia gratis bahkan mudah dioperasikan. Juga, mendukung beragam format berkas, termasuk SRT, ASS, SUB, SBV, VTT, dan STL.

Nah, cara mengubah subtitle Inggris ke Indonesia menggunakan tools generator versi kedua ini malahan lebih simple Guys.

1. So, segera kunjungi: TranslateSubtitles > Silahkan import file Anda pada menu "DRAG & DROP HERE" > Pilih bahasa "Indonesia."

opsi bahasa translatesubtitles

2. Kemudian klik "Translate" untuk memulai proses terjemahannya.

proses terjemahan teks translatesubtitles

3. Setelah selesai, pencet tombol "Download" > Lalu tentukan tempat penyimpanan berkas Anda > Done.

download file translatesubtitles

Bagaimana Sob, gampang banget bukan? Langkah terakhir adalah melampirkankannya kedalam video agar bisa dibaca.

Cara Menggabungkan Subtitle dengan Film di Android

Karena subtitle datang sebagai file terpisah daripada video asalnya, jadi kita perlu menggabungnya melalui pemutar media sumber ke-3, atau bawaan ponsel jika mendukung.

Sebagai contoh, disini admin memakai MX Player, Sobat bisa menggunakan aplikasi berbeda namun cara kerjaanya tetap sama.

Berikut tutorial cara menambahkan subtitle di HP Android step-by-stepnya:

1. Jalankan MX Player, putar videonya beberapa saat kemudian jeda > Klik ikon tiga titik disudut kanan atas layar > Pilih fitur "Teks Film."

menambahkan subtitle film di mxplayer

2. Ketuk opsi "Buka" > Cari di folder mana kamu menyimpan file barusan > Pencet nama berkas tersebut dan selamat menonton dengan text visual hasil terjemahanmu sendiri.

cara mencari teks film di mxplayer

Penutup

Demikanlah cara mengubah Subtitle Inggris ke Indonesia kemudian menggabungkannya di HP Android dengan sangat mudah dan efisien. Semoga bermanfaat, silahkan berkomentar jika ada pertanyaan.

Post a Comment for "2 Cara Mengubah Subtitle Inggris ke Indonesia di Android"