Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Google Drive - Cloud Gratis Untuk File Anda

google drive adalah layanan untuk penyimpanan cloud

Google Drive adalah layanan Google untuk penyimpanan cloud paling populer di dunia, faktanya bahwa siapa pun yang memiliki akun Gmail secara otomatis akan bisa menggunakannya juga.

Artinya, jika kamu pengguna Gmail maka tidak perlu harus repot-repot membuat akun terpisah untuk penyimpanan online Anda. Hal ini menjadikannya sebagai alat hosting yang nyaman bagi keperluan unggahan dan berbagi file apapun.

Nah, kalau kalian penasaran dengan segala seluk beluknya atau baru pertama kali ingin memakai jasa cloud ini, teruslah membaca semua informasi tentang cara kerjanya serta bagaimana menggunakannya lebih lanjut.

Apa itu Google Drive?

Google Drive adalah tempat penyimpanan berbasis cloud "awan" yang memungkinkan seseorang menyimpan file secara online, kemudian mengaksesnya lewat ponsel, tablet, maupun komputer dengan mudah.

Seperti semua layanan cloud, fungsi utamanya dapat meringankan beban hard disk Anda terutama menyinkronkan dokumen, foto, video, aplikasi, hingga terintegrasi ke beberapa sistem lainnya termasuk Google Photo, Gmail, Android, Chrome, YouTube, Analytics, Workspace, dsb.

Keuntungan Dari Google Drive

Menggunakan hosting ini memiliki lebih banyak manfaat terutama mengunggah berkas lebih mudah dan kemampuan untuk membuat cadangan file dari jarak jauh.

Selain itu, dapat diakses melalui perangkat apa saja apakah lewat seluler maupun desktop yang terhubung ke jaringan internet, lalu membaginya bersama orang lain agar membuka jalan kolaborasi online.

Namun, jika dibandingkan dengan pesaing mereka seperti DropBox, iCloud Apple, MediaFire, atau OneDrive, popularitas GD dibangun di atas alat kolaboratif yang selalu diintegrasikan dalam rangkaian produk Google dan menawarkan sejumlah keunggulan, diantaranya sebagai berikut:

  • Tersedia beberapa fitur penyesuaian konfigurasi, termasuk Menyalin, Memindahkan, Rename, Pratinjau, Membuat folder, Menghapus, dll.
  • Kemampuan untuk mengedit berkas dalam format terkompresi (Zip, RAR, atau 7zip).
  • File terenkripsi dengan aman dan privasi, kecuali dibagikan secara publik.
  • File tidak akan pernah dihapus selama Anda mematuhi kebijakan layanan serta tak pernah melanggar hak cipta milik orang lain.
  • Menawarkan ruang penyimpanan gratis sebesar 15GB, tapi bisa ditingkatkan melalui paket berlangganan bulanan.

Bagaimana Cara Kerja Google Drive?

cara kerja google drive

Tujuan utama Google Drive adalah untuk menyimpan file dengan cara menguploadnya melalui server jarak jauh, sehingga dapat mengosongkan ruang memori Anda.

Baru-baru ini mereka juga memperluas kemampuan sinkronisasinya dengan menambahkan opsi menyinkronkan folder apapun di komputer, hal tersebut berguna sebagai alat cadangan.

Bukan hanya itu, layanan berfungsi semacam pusat aktivitas ke seluruh ekosistem aplikasi Google. Demikian, kamu bisa membuat Docs, Forms, Spreadsheet, Sheets, Presentasi Slides, dll.

Saat mengirim berkas, kalian dapat menyetel izin pada setiap orang yang diajak berbagi atau membiarkan pengaturan secara default.

Untuk memulai kita harus mendaftar akun Gmail terlebih dahulu, kemudian nikmati semua fitur yang mereka sediakan.

Fitur Utama

fitur utama google drive

Berbicara mengenai fitur, GD menawarkan berbagai opsi kepada pengguna agar membuat hidup mereka lebih mudah dan efisien.

Mulai dari alat kolaborasi hingga penyimpanan yang aman dengan kapasitas ruang gratis sekitar 15GB, jadi sekarang mari kita simak bersama-sama.

1. Sinkronisasi

Pertama, Sobat bisa menyinkronkan semua data dari komputer, laptop, ponsel, dan tablet, sehingga enggak perlu mentransfer secara manual karena akan otomatis disinkronkan tanpa menyita waktu Anda.

2. Mendukung Semua Jenis File

Drive memiliki dukungan ke berbagai format ekstensi yang berbeda, diantaranya: Foto (JPG, PNG, GIFT, Webp), Video (MP4, MKV, 3GP) Audio (MP3, WAP), Teks (Doc, Docx, TXT, HTML, RTF, PDF), Spreadsheet (XLS, XLSX, ODS, CSV), Presentasi (PPT, PPTX, PPS), atau file terkompresi (RAR, ZIP, 7zip, TAR), dsb.

3. Upload dan Download

Cara terbaik untuk menyimpan konten adalah dengan mengunggahnya ke tempat cloud online Drive, cukup seret dan lepaskan berkas apa saja yang ingin kamu unggah.

Lewat alat ini, kita dapat mengirim dokumen, gambar, audio, video, maupun aplikasi yang dilindungi oleh protokol keamanan atau enkripsi AES256/AES128.

Adapun GD juga menyediakan fitur download, jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan berkas tersebut untuk diambil kembali.

4. Pratinjau

Di sini, pengguna bisa melihat pratinjau pada beberapa jenis file terutama yang berekstensi ZIP, RAR, atau PDF. Cukup tahan tombol shift saat memilih file, lalu klik simbol mata dan gulir kebawah untuk menavigasi.

5. Pesan Berbintang

Tanda bintang berfungsi sebagai pesan unggulan atau mempercepat proses pencarian folder/file dalam kerumunan yang sangat besar, maka ini akan berguna jika kamu agak sulit menemukannya.

6. Simpan Lampiran Gmail

Bagi mereka yang menerima email berisi gambar/lampiran dalam jumlah besar. Daripada harus mengunduhnya satu per-satu, ini dengan cepat menyimpan semuanya lewat satu gerakan.

Jadi, membuatnya lebih mudah mengatur dan melacak lampiran, bahkan memastikan bahwa kamu tidak pernah melewatkan file penting.

7. Berbagi Bersama Orang Lain

Salah satu fitur terbaik selanjutnya adalah kemampuan berbagi dengan pengguna lain, apakah melalui menambahkan alamat email maupun mengirimkan tautan/links via publik.

Biasanya tergantung pada pengaturan administrator, bahkan mencakup mereka di luar organisasi Anda. Serta, berlaku hingga 200 email untuk dilihat, dikomentari, dan diedit.

8. Pencarian Lanjutan

Selain pesan berbintang, fitur pencarian juga berguna ketika kalian lupa mengingat di mana meletakkan berkas/folder tertentu. Melalui string pencarian kita dapat mencari berdasarkan jenis dokumen, tanggal pengeditan terakhir, atau pernah dibagikan dengan orang lain.

9. Alat Konversi

Agar mempermudah pekerjaan Anda, mereka menawarkan alat konversi yang secara otomatis akan diubah ke semua jenis format sesuai permintaan setelah diunggah. Kemudian, kamu bisa mengedit atau melakukan perubahan apa pun.

10. Pengaya (Add-on)

Google Drive terintegrasi ke beberapa aplikasi web eksternal pihak pertama/ketiga dalam bentuk add-on, ada berbagai macam pilihan di mana sebagian besar diantaranya gratis.

Contohnya: ProWritingAid yaitu mesin pemeriksa tata bahasa (Grammar) untuk meningkatkan tulisan, Extractor berupa alat ekstraksi yang mendukung format RAR/ZIP, pengelola dokumen PDF, dan banyak lagi.

11. Bekerja Offline

Hal hebat berikutnya adalah mampu bekerja secara offline, artinya kita tidak perlu khawatir kehilangan pekerjaan jika koneksi internet terputus.

Ini akan sangat membantu seseorang kalau mereka sedang bepergian, serta tak memiliki akses ke jaringan internet yang dapat diandalkan.

Untuk bekerja offline, pasang ekstensi Google Dokumen Offline di bagian pengaturan > Centang kotak "Offline."

12. Tingkatkan Ruang Penyimpanan

Jika cloud 15 gigabyte gratis saja tidak cukup untuk menyimpan seluruh berkas Anda, Google menawarkan paket bertarif 100GB, 200GB, hingga 2TB perbulan dengan biaya bervariasi tergantung besaran kapasitas yang diperlukan.

Cara Menggunakan Google Drive

Untuk menggunakan Drive, buatlah akun Gmail terlebih dahulu atau lihatlah panduan Cara Membuat Email Baru apabila kamu belum memilikinya.

Adapun, cara mengaksesnya bisa dilakukan dengan beberapa metode berbeda, di mana sebagian besar melalui peramban web.

Sedangkan jika lewat aplikasi seluler, kamu hanya dapat mengupload, menyimpan, berbagi, dan melihat file. Jadi, diperlukan aplikasi tambahan seperti Google Dokumen, Spreadsheet, Slide, dll secara terpisah untuk mengeditnya.

Berikut sekilas tentang cara menggunakan Google Drive via aplikasi seluler Android, jadi silahkan disimak ya Guys.

Mengunggah File

Metode untuk melakukan unggahan melalui aplikasi ini sebenarnya sangat simple daripada lewat browser web. Ketika berada di beranda utama langsung aja tekan ikon tambah "+" di sudut kanan bawah.

Setelah itu akan muncul beberapa menu pilihan, klik aja "Upload" > Cari berkas/dokumen apa yang ingin kamu simpan > Tunggu sampai proses selesai.

cara upload file google drive

Berbagi File

Sekali lagi, hal yang paling menarik di sini adalah kemampuannya untuk membagikan file/folder ke orang lain dengan mudah. Tab tiga titik pada samping file > Kemudian pencet "Bagikan."

Dari sana, Sobat dapat menambahkan kolaborator menggunakan alamat email, dan memutuskan apakah mereka bisa mengedit, mendownload, atau sekadar melihat saja.

cara berbagi file google drive

Jika ingin berkolaborasi secara real-time dengan banyak orang di luar organisasi Anda, silahkan tekan ikon gembok bertuliskan "Tidak dibagikan" untuk mengaktifkan link aktif > Lalu salin/copy tautannya.

berbagi link aktif google drive

Selain mengupload dan membagikan, juga memungkinkan Anda membuat folder baru, ganti nama/rename, memindahkan, hingga menghapus berkas yang sudah tidak diperlukan.

Apakah Google Drive Aman?

Layanan cloud ini dilengkapi standar keamanan lapisan transportasi, serta dienkripsi ulang dengan Advanced Encryption Standard (AES) 128-bit. Bahkan, mendukung autentikasi dua faktor.

Sayangnya, Google sering mendapat kecaman karena kebijakan privasinya yang mencurigakan, dan Drive tidak terkecuali dalam kontroversi tersebut.

Secara tegas, ia akan selalu memindai setiap file terutama yang melanggar hak cipta "Copyrights" kemudian menghapusnya dari data base mereka.

Siapa yang Dapat Melihat Isi Google Drive Saya?

Hanya kamu yang mengetahui semua berkas Anda sendiri, kecuali pernah dibagikan ke publik melalui alamat email atau link aktif. Sehingga siapa pun juga bisa melihatnya.

Bagaimana Cara Memulihkan File Google Drive Saya?

Nah, apabila Sobat mengalami masalah kehilangan file berharga yang secara tak sengaja terhapus permanen, kami sarankan mengunjungi halaman: Cara Mengembalikan File Google Drive yang Terhapus Permanen untuk mengetahui solusinya.

Kesimpulan

Pada intinya, Google Drive adalah layanan Google untuk penyimpanan cloud gratis dengan tingkat keamanan yang kuat, baik bagi pelajar sampai profesional bisnis.

Bukan hanya memungkinkanmu membuat atau mengedit dokumen, mereka juga dilengkapi berbagai alat intuitif. Sehingga, pekerjaan Anda menjadi jauh lebih mudah dan produktif.

Meskipun secara default hanya memberi kuota penyimpanan sebesar 15GB, tetapi kamu bisa membayar lebih banyak ruang dengan meningkatkan versi ke akun GoogleOne.

Post a Comment for "Google Drive - Cloud Gratis Untuk File Anda"