Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Game PSP RPG Terbaik yang Siap Menemanimu Bertualang

kumpulan game psp rpg terbaik

Kumpulan Game PSP RPG Terbaik - Selama bertahun-tahun, konsol Portable telah mengambil bagian untuk Sony PlayStation dengan menawarkan berbagai macam pilihan genre, salah satunya adalah Role-playing games.

Sebuah permainan peran yang benar-benar dapat menangkap imajinasi dan membawa Anda layaknya berada dalam dunia fantasi.

Biasanya, tipe seperti ini memiliki jalan cerita yang panjang, kemampuan membuat karakter sendiri, banyak misi, hingga menampilkan epik pertarungan yang luar biasa.

8 Game PSP RPG Terbaik

Nah jika kebetulan Kamu sedang mencari jenis permain RPG, berikut kami tampilkan daftar original dan remake sebagai rekomendasi buat Anda.

1. Monster Hunter Freedom Unite

game monster hunter freedom unite ppsspp

Pertama, seri Monster Hunter diklasifikasikan sebagai "MMO-RPG" walaupun tidak seperti kebanyakan RPG pada umumnya.

Secara teknis, ia tidak menarasikan story menjadi sebuah nilai komersil, melainkan lebih kepada efek pertarungan atau perkelahiannya.

Di publikasikan sekitar tahun 2009 silam, ini merupakan hasil ekspansi dari Freedom 2 dengan membawa kembali sebagian besar kontennya.

Meskipun begitu, Capcom telah menambahkan sejumlah elemen ke bentuk formula baru supaya terlihat lebih menarik.

Jika Sobat adalah seorang penggemar berat seri, maka pastinya sudah hafal dong bagaimana gameplay-nya. Di sini, tingkat level tidak dicapai melalui poin pengalaman, tapi dengan melakukan upgrade item.


Di bagian visual, Monster Hunter Freedom Unite PSP membawa pemandangan grafis 3D yang sungguh menyejukkan mata.

Setiap lokasi dibuat serealistis mungkin, termasuk gunung bersalju, sungai bermandikan sinar matahari nampak dari kejauhan, hingga ceruk tepi laut yang dipenuhi satwa liar.

Developer Capcom
Publisher Capcom
Rilis 22 Juni 2009
Genre Action, RPG
Mode Single/Multi-player
Format CSO
Link Download (764 MB)

2. One Piece Romance Dawn

game one piece romance dawn ppsspp

Selanjutnya, One Piece Romance Dawn adalah waralaba hasil garapan Bandai Namco tahun 2012, di mana didasarkan pada serial Manga dan Anime aslinya. Mengikuti musim pertama dari petualangan awal Luffy cs di East Blue.

Adapun, Game PSP ini bukan sepenuhnya mengusung genre RPG, melainkan juga mengkombinasikan Action-adventure.

Permainan mengadopsi sistem pertempuran berbasis giliran, dalam artinya kita harus menunggu instruksi pada layar sebelum memulai aksi.


Asal kalian tahu bahwa edisi kali ini membawa hampir semua karakter yang ada pada seri Manga-nya, baik tokoh utama seperti Luffy, Zoro, Sanji, Usopp, Nami, sampai musuh besar termasuk, Buggy, Arlong, Crocodile, Rob Lucci, dsb.

Selebihnya, Kamu akan diberi kesempatan untuk menaikkan level Attack atau defence melalui beberapa poin yang berhasil dikumpulkan.

Developer Marvelous Interactive Inc
Publisher Namco Bandai
Rilis 20 Desember 2012
Genre Action, Adventure, RPG
Mode Single-player
Format File ISO
Links 1. File game (704 MB)
2. Cheats (892 KB)

3. Persona 3 Portable

game persona 3 psp

Sejak dirilis pertama kali ke PlayStation 2, Persona kembali lagi berlabuh ke perangkat portable tahun 2010 oleh Atlus di jaringan FES.

Salah satu Game PSP RPG terbaik paling revolusioner yang pernah ada dalam kronologis keempat dari subseries Shin Megami Tensei.

Mengangkat kisah baru untuk membangun reputasi menantang penjara bawah tanah dengan mengadopsi franchise induknya, tetapi secara grafis lebih disederhanakan.

Sayangnya, developer telah menghapus Tuscenes anime karena keterbatasan hardware. Nah agar dapat memenuhi standar konsol genggam, mereka mengubahnya menjadi percakapan biasa mengikuti gaya novel visual.


Persona 3 mengkombinasikan antara JRPG dan simulasi kehidupan sehari-hari dengan misi utamanya adalah mengatasi ancaman Dark Hour "Shadows" bersama kelompok Specialized Extracurricular Execution Squad (SEES).

Selain itu, permainan menawarkan sistem pertempuran adiktif-up turn-based menggunakan mode tradisional JRPG, penambahan karakter protagonis perempuan, memungkinkanmu mengontrol seluruh anggota partai, serta memilih berbagai jenis senjata.

Developer Atlus
Publisher Atlus
Rilis 26 Juli 2010
Genre JRPG, Simulation
Mode Single-player
Format File ISO
Ukuran 830 MB
Link Versi USA

4. Untold Legends: Brotherhood of the Blade

game untold legends psp rpg

Kalau daftar game PSP RPG berikut ini mengkolaborasikan hack-and-slash dan adventure dengan diluncurkan oleh SCE tahun 2005 kemaren.

Meskipun merupakan remake dari Dungeons & Dragons, permainan menawarkan dunia fantasi yang benar-benar baru.

Kalian dapat memilih karakter Knight, Druid, Berserker, atau Alchemist. Kemudian, atur statistik untuk masing-masing tokoh, seperti membuat gaya rambut, warna kulit, bentuk wajah, hingga persenjataan (Pedang, Panah, Tombak, dan Baju besi).

Adapun, serial Brotherhood memiliki latar belakang di suatu tempat yang dikelilingi pegunungan di atas awan bernama Aven.

Negeri terapung tersebut adalah pertahanan terakhir bagi umat manusia dalam upaya mengatasi serangan intensitas gelap.

gameplay untold legends

Sepanjang jalan, Sobat akan berjumpa berbagai makhluk aneh, termasuk Laba-laba, hewan buas, pasukan mayat hidup, sampai Bos besar.

Di setiap area, Untold Legends menyediakan beberapa item/koin yang bisa digunakan untuk meningkatkan status, atribut, serta level karakter.

Developer Daybreak
Publisher Daybreak Game Company
Rilis 22 Maret 2005
Genre RPG, Adventure
Link Download (49 MB)

5. Brave Story: New Traveler

game brave story new traveler psp

Brave Story mirip seperti Alice in Wonderland, mengikuti kisah bocah laki-laki "Tetsuya" yang melakukan petualangan dalam dunia fantasi "Vision" untuk menyelamatkan seorang gadis bernama Miki.

Jika kamu sudah mononton movie atau pernah membaca novelnya, mungkin tidak akan merasa asing dengan ceritanya. Ya, karena ia memang di adaptasi langsung dari sana.

Nah game PSP RPG terbaik ini menawarkan sistem pertempuran acak. Jadi selama bertarung kita dapat mengeluarkan perintah menyerang, bertahan, item, keberanian, persatuan, mengisi tenaga, dan melarikan diri.


Di seluruh World map, Anda bisa menempuh dengan berjalan kaki, naik gerobak, atau menunggangi naga (Pastinya sangat membantu untuk mempermudah penjelajahan lokasi).

Permainan, juga dilengkapi kemampuan melakukan upgrade senjata dan zirah pada masing-masing karakter, seperti Busur, Bilah Kembar, Kapak, Pedang, dll.

Satu hal menarik disini adanya mini-game yaitu menangkap Goalfinch, burung semacam anak ayam. Kamu bisa memburunya di berbagai dungeon yang tersebar di semua penjuru Vision.

Developer Game Republic
Publisher Xseed Games
Rilis 4 Juli 2006
Genre JRPG
Link Download (137 MB)

6. Dungeon Siege Throne of Agony

game dungeon siege throne of agony psp

Mengambil seri dari satu platform ke platform lainnya bisa menjadi proposisi yang berisiko, Dungeon Siege adalah contohnya dimulai di PC lalu berpindah ke Portable.

Sebenarnya, para pengembang berencana untuk membawanya ke Xbox, tetapi versi itu dibatalkan, dan Throne of Agony dibuat sebagai gantinya.

Judul ini mengikuti beberapa tahun setelah peristiwa Dungeon Siege II, dimana sebuah ancaman baru tengah menyerang umat manusia dalam bentuk Black Druid.

Untuk melawannya, kita diberi 3 opsi siap pakai: Mage, Barbarian, atau Rogue. Setiap karakter memiliki jalan cerita mereka sendiri-sendiri.

gameplay dungeon siege psp

Membunuh lawan akan memberi nilai XP, bahkan tiap kali naik level, kamu mendapatkan poin untuk meningkatkan statistik dan kemampuan Anda.

Walaupun bukan game RPG populer di PSP, tapi memang terlihat bagus. Ada berbagai macam musuh, misi, hingga map yang luas untuk dijelajahi. Jadi, patut dicoba.

Developer SuperVillain Studios
Publisher 2K
Rilis 30 Oktober 2006
Genre RPG
Link Download (440 MB)

7. Jikandia: the Timeless Land

game jikandia the timeless land psp

Sering kali ada penjelajahan bawah tanah, menyatukan anggota party, dan mengumpulkan item, ini semua adalah bagian dari formula RPG.

Begitu juga yang terjadi pada Jikandia, sebuah game sederhana dengan menawarkan gaya aksi platform klasik berkonsep 2D.

Mengikuti sekelompok teman sekolah yang diteleportasi ke tanah fantasi, sekaligus harus melawan kejahatan di negeri itu. Di sana, mereka terpisah satu sama lain, dan tugas Anda menyatukannya kembali.

Ceritanya mungkin tidak terlalu istimewa, demikian pula para karakternya, namun Jikandia menampilkan gameplay baru yang memungkinkan meningkatkan pengalamanmu bermain.


Nah sebelum mulai memasuki level, tentukanlah waktu antara 3 hingga 30 menit untuk bermain. Semakin lama waktunya, maka bonus poin dan risiko juga semakin besar.

Di samping itu, Jikandia menawarkan pilihan senjata atau kuarsa ajaib agar menambah kemampuan sihir, kekuatan serangan ekstra, kesehatan, penjaga, dsb.

Developer Opus Studio Inc
Publisher Aksys Games
Rilis 8 Juli 2010
Genre RPG
Link Download (82 MB)

8. X-Men Legends II: Rise of Apocalypse

game x-men legends rise of apocalypse psp

Melengkapi game PSP RPG terbaik dalam daftar kami adalah X-Men Legends, sebuah waralaba superhero berlisensi yang diangkat dari komik populer produk Marvel studio.

Kembali lagi tahun 2005, Rise of Apocalypse merupakan lanjutan seri pertama dengan menggabungkan aksi-RPG menggunakan motif visual bayangan sel pseudo 3D.

Plotnya, X-MEN diajak bekerja sama menghadapi berbagai ancaman yang begitu besar sehingga tidak memungkinkan mereka melawannya sendirian.

Jadi mekanismenya, Sobat bisa mengontrol 4 pemain sekaligus dan bebas memilih mutan apapun agar dimasukkan kedalam tim Anda.


Beberapa karakter itu diantaranya: Wolverine, Cyclops, Gambit, Beast, Jean Grey, Rugue, Strom, Nightcrawler, Magneto, Sabertooth, Toad, Scarlet Witch, dll.

Perlu dicatat bahwa sepanjang permainan, kita akan menjumpai berbagai misi teka-teki yang agak menyulitkan. Tentu saja, membutuhkan keterampilan khusus maupun kesabaran tingkat tinggi untuk dipecahkan.

Developer Raven Software
Publisher Activision
Rilis 19 Oktober 2005
Genre Action, RPG
Link Download (913 MB)

Kesimpulan

Mengingat banyaknya pilihan genre di konsol genggam, membuat para gamers semakin mudah menavigasi judul favorit mereka.

Begitupun, kumpulan Game PSP RPG ini juga bisa kalian masukkan menjadi daftar terbaik dan siap memberi petualangan yang menyenangkan buat Anda.

Post a Comment for "8 Game PSP RPG Terbaik yang Siap Menemanimu Bertualang"