Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Meningkatkan Privasi dan Keamanan Chrome Android

cara meningkatkan privasi dan keamanan google chrome

Cara Meningkatkan Privasi Google Chrome Android agar penelusuran internet Anda jauh lebih aman dan nyaman.

Jejakterkini.com - Browser Chrome memang tidak sepenuhnya melindungi keamanan pengguna, karena banyak fitur privasi yang dinonaktifkan secara default.

Jika kamu sedang menggunakan peramban milik Google ini maka setelan mana saja yang bisa diatur untuk memaksimalkan riwayat penjelajahan web Anda.

Dalam hal ini, ada beberapa opsi dapat Sobat lakukan agar privasi tetap terjaga, bahkan kecepatan browsing jauh lebih cepat dan berikut tips setelannya dari kami.

1. Aktifkan Mode Jangan Lacak

Pada dasarnya, website menempatkan cookie ke perangkat pengguna, sehingga itu memungkinkan untuk melacak aktivitas Anda, sekalipun saat kita tidak mengakses domain mereka.

Chrome akan mengirim permintaan otomatis "Jangan Lacak" jika kamu mengaktifkannya. Secara teori mencegah web menghubungkan cookies pelacakan.

Pendekatan seperti ini mirip dengan fitur Firefox yang mengabaikan situs melacak dalam keadaan apa pun.

Bahkan ketika mereka tidak mematuhi standar Do Not Track, maka sekali lagi mode ini akan sangat berguna untuk menghentikan situs tersebut mengumpulkan data Anda.

Buka Chrome > Tekan tiga titik vertikal di sudut kanan atas > Settings > Privacy and Security > Gulir kebawah lalu klik Jangan Lacak (Pindahkan toggle ke posisi aktif).

fitur jangan lacak chrome

2. Aktifkan Penelusuran Aman

Cara setting chrome Android berikut ini adalah agar mencegah serangan situs phishing dan walware dengan aktifasi mode "Safe Browsing."

Selain itu, juga berfungsi untuk menghindari instalasi perangkat lunak jahat atau program yang menyamar sebagai unduhan bermanfaat.

Kemudian membuat perubahan tak terduga/meluncurkan serangan manipulasi psikologis lainnya jika Anda memasangnya ke ponsel.

Oleh karena itu, Google telah mengembangkan sebuah teknologi berupa "Penjelajahan Aman." Ini akan menampilkan pesan peringatan di layar telepon pada halaman web yang dianggap berbahaya.

Caranya sangat mudah guys, tab Setelan > Privacy & Security > Safe Browsing lalu tandai kotak dibagian "Enhanced Protection."

mode safe browsing chrome

Catatan: Jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut tentang fitur ini, silahkan lihat laporan transparansinya.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Koneksi Anda Tidak Pribadi Chrome Android

3. Matikan Mode IsiOtomatis dan Pembayaran

IsiOtomatis adalah mimpi buruk tentang keamanan, bahkan jika Sobat pernah mengisi detail alamat kartu kredit ke sebuah website.

Ia secara otomatis akan tersimpan ke browser, dan seseorang yang memiliki akses ke ponselmu dapat mencuri identitas Anda.

So, kunjungi pengaturan Chrome > Tekan "Access payment methods/Save and fill addresses" > Alihkan togel kekiri untuk menonaktifkannya.

fitur metode pembayaran chrome

Note: Kamu dapat menghapus semua kartu/alamat yang masih terhubung ke akun isiOtomatis di menu hapus data penjelajahan.

4. Periksa Izin Situs Anda

Tips meningkatkan keamanan Chrome Android selanjutnya adalah dengan cara memeriksa perizinan semua situs.

Mungkin Sobat perlu mempertimbangkan semua opsi yang berbeda ketika mengunjungi sebuah website, seperti pemblokiran Iklan, pop-up, kamera, USB, layanan lokasi dan lain sebagainya.

Beberapa setelan ini telah diizinkan secara default, tetapi jika ingin lebih pribadi, kamu harus mengatur semuanya terlebih dahulu.

Buka Setingan > Setelan situs (Silahkan konfigurasinya sesuai dengan kebutuhan). Nah selain dapat mengoptimalkan privasi, juga mampu mempercepat peramban Anda.

fitur perizinan situs chrome

5. Kelola Opsi Sinkronisasi

Seperti kita ketahui bahwa Chrome adalah salah satu bagian dari ekosistem Google yang sangat besar. Karena itu, mereka ingin berbagi data tertaut dengan seluruh aplikasi.

Tentu saja, ia miliki manfaat signifikan berdasarkan sudut pandang produktivitas, namun dari perspektif keamanan itu merupakan suatu bencana.

Pasalnya, menyinkronkan data pengguna bisa membuat beberapa titik lemah di privasi akun. Jadi, harap pertimbangkan kembali opsi ini dengan pergi ke pengaturan > Settings Site > Sinkronisasi latar belakang > Matikan.

mode sinkronisasi latar belakang chrome

6. Periksa Laporan Keamanan

Cara mengoptimalkan privasi Chrome bagian terakhir adalah dengan memeriksa menu Laporan Keamanan.

Melalui mode tersebut, kamu bisa mengirim sebagian informasi sistem dan konten halaman ke Google secara otomatis.

Disamping itu, berfungsi untuk mendeteksi aplikasi atau situs berbahaya yang dapat mengancam perangkat Anda.

Cukup buka pengaturan Crome > Tekan Safety Check, lalu tab "Periksa Sekarang" pada tombol berwarna biru.

fitur safety check chrome

Penutup

Dengan mengkonfigurasi beberapa kontrol penyesuaian seperti diatas, kiranya Sobat memiliki peluang besar dalam hal penjelajahan internet yang aman.

Cara meningkatkan Privasi Chrome di Android ini bisa disebut juga teknik agar terhindar dari website menyesatkan dan aplikasi berbahaya lainnya.

Post a Comment for "6 Cara Meningkatkan Privasi dan Keamanan Chrome Android"