7 Cara Mengatasi koneksi Anda tidak Pribadi di Android | Jejakterkini.com: 7 Cara Mengatasi koneksi Anda tidak Pribadi di Android
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Advertisement

7 Cara Mengatasi koneksi Anda tidak Pribadi di Android

cara mengatasi koneksi tidak pribadi

Cara Mengatasi koneksi Anda tidak pribadi atau Your Connection is Not Private di Chrome Android dengan mudah tanpa ribet.

Jejakterkini.com - Setiap pengguna browser Chrome, tentu saja pernah/sering mengalami pesan kesalahan ketika sedang mengakses sebuah situs.

Seperti kita ketahui bersama bahwa peramban Google ini memiliki fitur yang berfungsi untuk melindungi siapapun, terutama di bagian login dan proses pembayaran agar tetap aman.

Misalnya: "Penyerang mungkin berusaha mencuri informasi Anda dari domain.com (Termasuk kata sandi, atau kartu kredit)."

Lalu, jika ada tulisan koneksi tidak pribadi? Hal tersebut bisa juga disebabkan oleh kesalahan sertifikat SSL "Secure Socket Layer" ya standar privasi saat ini.

Apa itu SSL?

Intinya menurut Wikipedia, suatu sistem kriptografi yang dirancang khusus untuk memberikan keamanan komunikasi melalui jaringan komputer. Di mana, memungkinkan integritas antara klien browser dengan server web.

Ketika sebuah situs telah mengabaikan protokol ini, kemudian seseorang mengunjunginya maka peramban secara otomatis akan mencoba mencegahnya.

7 Cara Mengatasi Your Connection is Not Private di Android

Umumnya, terdapat beberapa variasi pesan error seperti "Net :: ERR_CERT_DATE_INVALID / Net ERR_CERT_AUTHORITY_INVALID," Connection Was Interrupted, dll.

Seluruhnya tergantung pada konfigurasi sertifikasi server. Meskipun demikian, memiliki arti berbeda namun langkah pemecahan hampir sama.

So, tanpa basa-basi lagi silahkan kalian simak solusi penanganannya agar semuanya kembali berjalan dengan normal.

Note: selain Chrome, juga dapat diterapkan ke Mozilla Firefox, Microsoft Edge, atau sejenisnya.

1. Tutup Paksa Browser dan Muat Ulang Halaman

Langkah pertama yang paling mudah adalah dengan cara force close dan reload web. Kadang kala melalui trik ringan ini, ia akan menerbitkan kembali sertifikat SSL kemudian memvalidasinya.

Buka setelan perangkat > Tekan paksa berhenti Aplikasi Chrome > Setelah itu buka lagi dan refresh laman yang mengalami error tersebut.

2. Periksa Tanggal dan Waktu

Dalam sejumlah kasus, penerapan tanggal yang tidak akurat adalah faktor utama atas pesan "Net :: ERR_CERT_DATE_INVALID."

Pada dasarnya, peramban mengandalkan pengaturan ini untuk disinkronkan atau diverifikasi ke SSL. Jadi, silahkan tinjau ulang waktu Sobat.

3. Hapus Cache dan Cookies

Secara teknis, membersihkan file sampah mampu mengatasi berbagai permasalahan aplikasi, sehingga membuatnya kembali bekerja seperti biasa.

Ada dua trik untuk menyingkirkan cache, riwayat, dan data lainnya. Pertama: langsung via Chrome sendiri, Seterusnya melalui pengaturan handphone seluler Sobat.

4. Nonaktifkan Penelusuran Aman

Ada beberapa alasan di balik mengapa Chrome terus-menerus menampilkan koneksi Anda tidak pribadi, hal itu disebabkan oleh SSL kedaluwarsa.

Solusinya, kamu bisa mematikan penelusuran aman di pengaturan peramban dengan mengetuk Settings > Privacy > Safe Browsing.

Namun, jika tetap menunjukkan kesalahan, kemungkinan besar situs yang Sobat kunjungi masih memakai pendekatan SHA-1.

Sementara, sebagian alat jelajah web utama sekarang sudah beralih meninggalkan SHA-1, karena banyak menunjukkan tanda-tanda kelemahan.

Untuk mengatasinya, cukup tab "Lanjutkan" (Lebih jelasnya lihat gambar berikut).

koneksi tidak pribadi 2

5. Nonaktifkan Aplikasi Antivirus dan VPN

Kesalahan lainnya seperti "Sertifikat tidak valid" dapat diakibatkan oleh perangkat lunak Antivrus dan VPN yang saling bertentangan. Sehingga mempengaruhi pemblokiran kode keamanan atau koneksi SSL gagal.

Nah, kalau Sobat tengah menjalankan ke dua program ini, maka sangat disarankan agar menonaktifkannya untuk sementara waktu saat sedang mengakses Chrome.

6. Terapkan Mode Incognito (Penyamaran)

Cara Mengatasi Your Connection is Not Private Selanjutnya melalui aktifasi fitur penyamaran. Ini adalah opsi default yang dimiliki peramban populer, termasuk Google Chrome dan Firefox.

Atau, disebut juga penjelajahan pribadi "Jendela InPrivate Baru" di mana berfungsi melindungi privasi tanpa menyimpan data apapun baik Caches maupun Cookies.

7. Perbarui Browser Anda

Aplikasi model lama terkadang meninggalkan banyak masalah dibelakang, hingga menyebabkan beberapa layanan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

So, silahkan update ke versi lebih baru jika perangkatmu mendukung, langkahnya pun sama persis ketika kamu melakukannya pada apps lain.

Pergi ke Play Store > Lalu pilih menu "Aplikasi & Game Saya" > Lihat program apa saja saja yang masuk di dalam daftar pembaruan.

Baca Juga: 7 Browser Android Paling Solid

Penutup

Kode error seperti ini memang membuat jengkel bahkan sulit untuk dipecahkan sendiri. Apalagi, bagi pengguna yang nggak tahu harus memulainya darimana.

Garis besarnya: dipengaruh oleh dua aktor utama: sisi klien (Browser - Perangkat), serta sertifikasi aktual dari website.

Untunganya, cara mengatasi koneksi Anda tidak pribadi yang kami sampaikan diatas dapat membantu menyelesaikan masalahmu. Good lucky & thanks Guys.

Post a Comment for "7 Cara Mengatasi koneksi Anda tidak Pribadi di Android"

Advertisement
Advertisement
Advertisement