Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah (Upgrade) Kartu SIM 3G ke 4G All Operator

cara mengubah kartu sim 3g ke 4g all operator

Cara mengubah (Upgrade) Kartu SIM 3G ke 4G semua Operator (Telkomsel, Axis, XL, Indosat, Tri, dan Smartfren).

Sejak bulan mei 2015 kemaren, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) menegaskan bahwa penataan atau refarming 4G LTE pada frekuensi 1.800 MHz sudah dimulai.

Mereka tentunya berharap dengan hadirnya broadband generasi keempat ini bisa mencapai keseluruh pelosok kabupaten kota, sehingga mempermudah untuk melakukan aktivitas sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat.

Seperti kita ketahui bersama bahwa jaringan 4G mempunyai daya jelajah internet yang jauh lebih cepat, stabil, dan kuat dibandingkan 3G.

Lantas pertanyaanya bagaimana cara mengubah kartu 3G menjadi 4G itu? Jika Anda belum mengetahuinya, silahkan simak halaman ini sampai akhir untuk mendapatkan jawabanya.

Baca Juga: 4 Cara Mengembalikan Kartu SIM Terblokir All Operator

Syarat dan Ketentuan

Agar bisa bermigrasi, ada beberapa faktor yang perlu Sobat perhatikan. Ya, “4G Ready” ini berlaku bagi semua provider tanah air dengan persyaratan sebagai berikut:

  • SIM Card Anda sudah aktif minimal 1x24 Jam (1 hari), dan memiliki kartu perdana berlogo 4G yang telah diaktifkan.
  • Kartu SIM tidak dalam masa tenggang atau bahkan terblokir.
  • Smartphone support dengan layananan 4G.
  • Domisili atau daerah tempat tinggal mu dalam jangkauan area 4G.
  • Khusus pelanggan Telkomsel halo, pastikan billing sudah terlunasi.
  • Siapkan kartu identitas diri seperti eKTP dan KK, jika mengurusnya langsung ke Gerai/GraPARI terdekat.
  • Membayar sejumlah uang untuk biaya aktivasi, tapi adapula sebagian layanan yang menggratiskannya.

Nah, kalau semua kriteria diatas sudah terpenuhi, maka kalian bisa segera melakukan langkah eksekusinya Guys.

1. Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G

cara upgrate 4g telkomsel

Saat ini, Telkomsel adalah operator seluler milik pemerintah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Jangkauan LTE-nya pun sudah mencapai ke hampir seluruh pelosok nusantara.

Bagi para pengguna Telkomsel, mereka menawarkan dua metode berbeda tanpa harus mengganti nomor, yakni via online dan offline. Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Online

1. Kunjungi halaman situs web: MyTelkomsel melalui peramban HP > Masukkan nomor telepon dan alamat email valid > Tab tombol Lanjutkan.

2. Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengupload foto selfie > Kemudian ikuti intruksi yang diharahkan sampai selesai.

Cara Offline

Alternatif selanjutnya adalah dengan mendatangi langsung GraPARI di kota terdekat Anda. Agar lebih jelas, Sobat bisa menghubungi call center 188 dahulu buat menanyakan persyaratan apa saja yang dibutuhkan.

Jika semua persyaratan telah disiapkan, barulah samperin tuh GraPARInya. Sampaikan tentang maksud dan tujuan Anda kepada petugas Customer Service. Tentunya, mereka akan senang hati membantumu melakukan proses upgrade kartu.

Oh iya, Telkomsel membebaskanmu dari biaya administrasi alias gratis lho? Wah mantap banget bukan.

2. Cara Upgrade Kartu XL dan AXIS 3G Menjadi 4G

cara upgrate kartu xl axis 4g

Untuk pengguna XL AXIATA, Sobat tidak perlu repot-repot mendatangi kontor Gerai resminya, melainkan cukup hanya dengan aktivasi sendiri dirumah. Pastinya sangat mudah, bahkan tanpa memerlukan banyak waktu.

Bagaimana caranya? Yok langsung aja perhatikan panduan singkatnya berikut ini.

1. Lewat OTA

1. Pasang SIM Card lama Anda > Tekan speed dial (UMB) pada layar ponsel dengan mengetik kode "*123*46# > Pilih opsi 1 yaitu "Upgrade ke 4G" > Untuk konfirmasi klik "Ya."

2. Kemudian cabut dan ganti dengan USIM baru (Usahakan tempatkan pada slot yang sama).

3. Ketik lagi *123*46# lalu pilih menu nomor 2 "Konfirmasi setelah upgrade" > Tab 1 atau Ya.

4. Selanjutnya muncul pesan pemberitahuan "Apakah nomor akan dipindahkan ke kartu 4G ini?" maka jawab aja "Ya" sembari menekan 1.

5. Terakhir, Reboot Smartphone Agan dan silahkan cek kesiapan status mu di *123*46*5# "Info Nomor."

2. Lewat Website

1. Buka situs resminya XL Center via browser apa saja > Pilih opsi Layanan Ganti Kartu.

2. Masukkan nomor 3G Anda, seterusnya isi data diri mulai dari nama, NIK, sampai KK > Ikuti perintah hingga prosesnya selesai.

3. Kamu dapat meminta pergantian SIM baru untuk dikirim langsung ke alamat rumah atau mengambilnya di XL Center terdekat.


3. Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Tri

cara upgrate kartu tri 4g

Pelanggan Tri di seluruh Indonesia juga bisa bermigrasi ke jaringan LTE tanpa harus berganti nomor. Bahkan khusus untuk priode 14 Maret – 31 Oktober 2022, kamu berhak mendapatkan promo kuota sebesar 50GB lho?

Wah keren banget bukan? Jadi buruan segera upgrade SIM card Anda dan raih penawaran istemewa ini dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Via Website

1. Buka halaman Perdana Tri pada browser, lalu masukkan nomor dan detail pengiriman (Proses akan dikirim ke alamat dalam beberapa hari kedepan).

2. Jika kartu perdana 4G sudah berhasil sampai ketangan kamu, Ketik SIM (Spasi) 20 digit angka (ICCID) di belakang kartu tersebut > Kirim SMS ke 123 > Balas OK setelah notifikasi.

3. Silahkan matikan HP mu, kemudian masukkan SIM baru dan tunggu SMS dari 765 > Balas dengan format: CODE (spasi) Kode Rahasia yang diberikan > Done.

2. Via 3Digibox/3Store

Cara kedua adalah datang langsung ke 3Store atau 3DigiBox terdekat di kotamu dengan membawa nomor Tri lama mu serta identitas asli (eKTP dan KK) untuk proses verifikasi data.

Pastikan nomor mu masih berada dalam masa aktif. Temukan lokasi mana saja yang tersedia disini Storelocator.


4. Cara Mengubah Kartu Indosat 3G ke 4G

cara mengubah kartu indosat 4g

Sebagai salah satu jaringan seluler terkemuka di tanah air, provider yang identik dengan warna kuning ini juga tidak mau ketinggalan dalam hal meningkatkan fasilitas broadband LTE-nya.

Ya, Indosat Ooredoo sudah siap melayani masyarakat yang membutuhkan upgrade nomor mereka melalui offline maupun online. So, berikut step-by-stepnya.

1. Masih pada kartu lama Anda > Ketik “GANTI” kirim ke 4949 dalam format SMS. Catat kode OTP yang dikirimkan tersebut (Expired selama 15 menit).

2. Selanjutnya, tukarkan dengan USIM 4G baru Anda menggunakan Ponsel/IMEI yang sama. Lakukan panggilan ke nomor *4949#kodeOTP > Proses migrasi sukses setelah menerima pesan balasan.

Sedangkan untuk aktivasi via offline, Sobat bisa mengunjungi gerai Indosat di lokasi terdekat. Caranya tidak jauh berbeda dengan operator lainnya, yakni membawa identitas diri serta menandatangani formulir persetujuan.

5. Cara Ganti Kartu Smartfren Menjadi 4G

cara ganti kartu smartfren menjadi 4g

Smartfren selaku penyedia jaringan telekomunikasi seluler di Indonesia juga senantiasa melakukan pembaruan untuk mengadopsi teknologi terbaru sekaligus memenuhi instruksi regulator.

Jika dahulu hanya mengandalkan 3G CDMA atau kita kenal sebagai EvDO, namun kini dia telah naik kelas menjadi LTE.

Nah bagi pelanggan lama yang masih bertahan dengan EvDO-nya, yok sekarang saatnya bermindah ke frekuensi 4G agar bisa menikmati akses internet lebih cepat dan stabil.

Perbedaan ini bisa mencapai 5 - 10 kali lipat, pasalnya mereka telah mengimplementasikan teknologi VoLTE sehingga kita dapat membuat video call tanpa lag dengan kualitas super jernih. Lagi pula, tarifnya pun tetap sama seperti sebelumnya.

So, berikut ini adalah tutorial mengupgrade SIM Card secara mandiri tanpa harus mendatangi gallery Smartfren dan berganti nomor.

Pertama-tama, masukkan kartu Smartfren lama mu pada HP Andromax berjaringan 4G.

Kedua, tuliskan SMS dengan format: GANTI#NOMOR4G#PUK4G kirim ke 1233. Kode PUK bisa dlihat dibagian belakang SIM perdana yang sudah kamu beli di konter.

Contoh: GANTI#088812345678#1234567

Ketiga, setelah selesai mengirim SMS, silahkan tunggu beberapa menit > Reboot ponselmu kemudian masukkan kartu 4G perdana Anda.

Keempat, cek di *995# untuk mengetahui apakah sudah berhasil melakukan migrasi. Jika gagal, ulangi sekali lagi sesuai langkah pertama.

Untuk via online, kunjungi page ini Smartfren Upgrade > Isi data Anda dan ikuti petunjuknya.

Jangkauan Jaringan 4G di Indonesia

Rata-rata semua provider kini telah menjangkau lebih dari 80% wilayah di tanah air, meliputi:

👍 Seluruh wilayah di pulau Jawa dan Bali.

👍 Sebagian besar kota/kabupaten di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.

F.A.Q

Apakah Ada Dampak Lain Setelah Upgrade Jaringan?

Seperti kami ketahui bahwa berpindah/migrasi ini akan menghilangkan semua kontak pada SIM Card lama Anda.

Oleh karena itu, sebaiknya Sobat membackupnya terlebih dahulu ke dalam penyimpanan telepon sebelum melakukan migrasi.

Disamping itu, kamu berkesempatan untuk mendapatkan bonus kuota sebesar 500MB - 5GB (Tergantung operator). Dimana bisa dipakai di jaringan 2G/3G/4G.

Penutup

Demikianlah, cara mengubah kartu 3G menjadi 4G all operator yang dapat dilakukan, baik menyambangi langsung Outlet terdekat atau upgrade sendiri di rumah. Pastinya tidak menyita waktu dan pekerjaan Anda.

Post a Comment for "Cara Mengubah (Upgrade) Kartu SIM 3G ke 4G All Operator"