Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Emulator PS2 Android Terbaik

emulator ps2 android terbaik

Memperkenalkan Emulator PS2 Android terbaik untuk bermain PlayStation 2 tanpa lag.

Jejakterkini.com - Hello Guys! Apakah kalian sedang mencari Emulator yang bagus untuk memainkan ROMs PS2 favorit? Kalau begitu dengan senang hati kami siap memberi Anda rekomendasi.

Dalam postingan ini, kami mencoba menyusun daftar terbaik agar kamu bisa menikmati dan merasakan kenyamanan bermain retro klasik generasi kedua lewat ponsel Android.

Nah, seperti kita ketahui bahwa PlayStation 2 adalah salah satu konsol paling sukses sepanjang masa bahkan masih memiliki tempat sampai sekarang.

Memutar kembali judul-judul legendaris seperti God of War, Resident Evil, Silent Hill, Final Fantasy, Dino Crisis, atau Crash Bandicoot tentu sangat menyenangkan bukan?

Namun, pengalaman bermain di smartphone pastinya agak berbeda jika dibandingkan dengan konsol aslinya. Pasalnya, kekuatan pemrosesan bergantung pada emulasi dan perangkat seluler itu sendiri.

Persyaratan Sistem

Keberhasilan konsol generasi ke-2 ini dituntun ke berbagai pengembangan varian lokal.

Beberapa emulator di PC dapat menangani grafis serta memproses kecepatan begitu lancar karena spesifikasinya hampir sama.

Sementara, bermain konsol PS2 di Android adalah mimpi yang jauh dari kenyataan, masalah kekuatan maupun kompatibilitas.

Tapi seiring berjalannya waktu, mereka secara terus-menerus diperbarui agar berjalan sama baiknya.

Ada beberapa hal yang perlu Sobat pertimbangkan sebelum mulai menggunakannya, diantaranya sebagai berikut.

  • RAM: Minimal 2GB (Rekomendasi 4GB).
  • CPU: 2GHz - 3GHz ditambah dukungan Quad Core (Diutamakan Okta Core).
  • GPU: Snapdragon 430, Qualcomm Adreno 305, Mali 400 dan support OpenGL 3.1.
  • ROM: Kapasitas ruang penyimpanan kosong sebesar 3GB serta terinstal file BIOS.

3 Emulator PS2 Android Terbaik

Ada beberapa aplikasi bagus yang mendukung hampir semua ROMs PlayStation 2, dilengkapi dengan sejumlah kontrol penyesuaian.

Emulasi terbaik yang layak untuk dipasang ke ponsel mu, jadi berikut informasi dari kami sebagai referensi buat Anda.

1. DamonPS2

emulator damonps2 apk

Emulator PS2 Android pertama bernama DamonPS2, satu diantara alat terbaik yang menawarkan kenyamanan dalam menjalankan hampir seluruh game, tapi sekali lagi tergantung dari kekuatan perangkat seperti RAM, Grafis, maupun Memori.

Selain itu, ia juga kompatibel dengan PSP, PSX, mendukung koneksi ke gambads BT dan optimasi kecepatan multi-thread frame 60 per detik (60FPS) untuk pengalaman lebih baik.

Pengembang menunjukkan kepercayaan ketika mereka memberi pernyataan bahwa akan selalu mengupdate aplikasi setiap dua pekan sekali agar menjadi sempurna.

Nah, DamonPS2 support berbagai format ekstensi, termasuk ISO, CSO, BIN, Kode Cheat agar mempermudah alur permainan, hingga otomatis mendeteksi BIOS.

Juga, mendukung resolusi 720p/1080p, efek suara HD, render OpenGL ES 3.1, akselerasi Speed Up NEON vector, pemetaan Gamepad, save data, serta kompatibel dengan Android 5.1+ atau paling baru.


2. Play!

emulator play ps2

Emulator PS2 Android selanjutnya adalah Play!, satu diantara nama populer lainnya dalam daftar kami. Di mana menawarkan kompatibilitas ke sejumlah komputasi 128-bit pada perangkat Anda.

Play! menyediakan desain antarmuka sederhana yang ramah seluler, kemampuan menangani berkas dengan cara sistem kontrol on-screen, dan support gamepad eksternal.

Sejak tahun 2018, emulator tidak lagi melakukan pembaruan apa pun, meskipun begitu ia mampu untuk menjalankan beberapa game berat.

Namun sayangnya, ini bukanlah emulasi yang sempurna sehingga menyebabkan masalah bervariasi seperti frame drops, loading lama, atau ROMs tidak cocok.

Play! membutuhkan sistem operasi minimum Android 4.4+ serta memerlukan aktivasi "Sumber tak dikenal" di pengaturan ponsel.


3. Gold PPSS2

emulator gold ps2

Rekomendasi bagian terakhir adalah Gold PPSS2 yang secara resmi dibuat oleh Fas Emulation. Di mana memiliki semua fitur dasar untuk menikmati permainan Playstation kegemaran mu.

Emulasi ini akan membantu Anda menemukan grafis dan resolusi terbaik, bahkan bisa diintegrasikan ke Joystick Virtual.

Dikatakan sebagai PS2 emulator Android ringan yang mensimulasikan sekitar 90% ROMs dengan optimasi visual menakjubkan layaknya konsol aslinya.

Juga, dibekali akselerasi Multi-threading, Multi-format termasuk ISO, BIN, IMG, dan NRG, serta mendukung layar HD hingga 1080p tanpa perlu menginstal BIOS.

Nah, demi kelancaran bermain Anda, Gold memerlukan kompatibelitas pada sistem 4.4+ (Kitkat) tapi dia sudah tidak tersedia lagi di perpustakaan Playstore. Jadi, kamu harus mengunduhnya lewat tautan berikut.


Catatan: Ketiga emulator diatas tidak berafiliasi atau dilisensikan langsung oleh Sony Corporation. Bahkan, tanpa menyertakan ROMs di dalamnya. Jadi, Sobat dapat mencarinya di halaman ini: Daftar Game PS2 Terbaik.

Bagaimana Cara Bermain Game PS2 di Android?

cara bermain game ps2 android

Akhirnya, setelah bertahun-tahun pengembang perangkat lunak berhasil menciptakan alat yang dapat bekerja dengan baik di seluler terutama Android.

Namun, setiap game memiliki performa yang berbeda-beda atau bervariasi, tergantung spesifikasi perangkat dan emulasi itu sendiri.

Berikut sekilas tentang tutorial bagaimana memainkan Playstation generasi ke-2 via ponsel/tablet Android.

1. Pertama-tama, pasang salah satu emulator diatas, kemudian ekstrak game + BIOS ke folder apa saja (Bebas terserah Anda) di memori telepon/microSD.

2. Buka Emulator (Contoh: via DamonPS2) > Nyalakan internet > Tekan tombol "Buka kunci aplikasi" untuk proses verifikasi. Jika gagal, pencet aja "Abaikan" pada teks berwarna "Biru."

verifikasi emulator damonps2

3. Selanjutnya, silahkan tunggu proses mengupgrade data atau pemutan ulang sampai selesai.

muat ulang damonps2

4. Kalau sukses, biasanya file Bios/game akan terdeteksi secara otomatis dengan menampilkan ikon di beranda utama aplikasi. Jika tidak, carilah di folder mana kamu meletakkannya barusan.

menampilkan ikon game damonps2

5. Sobat juga bisa menyetel konfigurasi seperti Grafis, Audio, maupun mengatur penyesuaian lainnya sebelum memulai permainan > Done.

pengaturan konfigurasi damonps2

F.A.Q

Apakah Emulator PS2 ini Aman dan Bekerja pada Perangkat Non-Root?

Ya, ketiga emulasi diatas sangat aman karena tidak mengandung perangkat lunak berbahaya apa pun, baik virus maupun malware. Bahkan, dapat dijalankan oleh pengguna non-root, jadi tak perlu khawatir.

Apakah Semua Game Playstation 2 Work?

Tidak semua game bisa dimainkan dengan lancar. Namun, pastikan kalian telah mengatur konfigurasi untuk mendapatkan kecepatan (FPS) yang dibutuhkan.

Baca Juga: 4 Emulator GBA Android Full Version Terbaik

Penutup

3 Emulator PS2 Android Terbaik ini diharapkan bisa membantu mu melepaskan mimpi bersama port klasik paling populer sepanjang masa.

Ditransformasikan ke platform seluler lewat beberapa opsi penyesuaian, meskipun tidak semua ROMs kompatibel. So, silahkan pilih satu opsi diantaranya dan selamat bernostalgia Guys.

Post a Comment for "3 Emulator PS2 Android Terbaik"