6 Cara Menghilangkan Safe Mode di HP Android | Jejakterkini.com: 6 Cara Menghilangkan Safe Mode di HP Android
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Advertisement

6 Cara Menghilangkan Safe Mode di HP Android

cara menghilangkan safe mode android

Cara menghilangkan safe mode di HP Android dengan 6 metode berbeda, efektif, dan 100% work.

Jejakterkini.com - Dari waktu ke waktu, sistem operasi paling populer ini terus diperbarui. Demi meningkatkan layanan serta memberi pengalaman maksimal kepada para konsumen.

Kadang kala, tak semuanya berjalan sempurna bahwa ada lubang kecil yang dikeluhkan pengguna, salah satunya adalah fitur aman yang membuat orang-orang frustasi.

Di mana ketika diaktifkan ponsel mereka tidak berfungsi secara normal bahkan menghambat performa keseluruhan. Sebut saja, aplikasi sering error atau korup, wallpaper nggak bisa dibuka, dsb. Nah oleh sebab itu, langkah terbaik dengan mematikannya.

Fungsi Safe Mode Android

Menurut AndroidAuthority, suatu keadaan handphone yang di atur secara default, artinya hanya memiliki akses untuk menjalankan aplikasi bawaan pabrik "Bloatware."

Kondisi ini akan terjaga keamanannya dari serangan virus malware/malware yang sering kita jumpai pada utilitas sumber ketiga.

Sehingga, mereka terbebas dari program perusak atau tidak kompoten. Di tambah, mampu menghemat masa pakai baterai, serta mengurangi risiko peretasan data pengguna.

Mode aman Android mempunyai tujuan sama persis seperti analog di Windows. Namun, meninggalkan sejumlah problem bagi seseorang yang nggak terbiasa.

Sekali lagi, kita tak dapat dengan leluasa menginstall apps pilihan sendiri sesuka hati. Yah, kurang asik dong!

Sekarang pertanyaannya, bagaimana cara mematikan safe mode itu? So berikut solusinya buat Anda.

Note: Berlaku untuk semua produsen apapun, diantaranya Samsung, Sony, LG, Vivo, Oppo, Lenovo, Xiaomi, dan sebagainya.

1. Muat Ulang Perangkat

Selain mengatasi Play Store error, dalam beberapa kasus besar Android bahwa Reboot juga pada umumnya mampu menangani segala macam permasalahan termasuk mode aman.

Ketika telepon sudah mulai melambat dan sejumlah aplikasi berhenti bekerja, maka taruhan terbaik adalah melakukan opsi pertama ini.

Cukup restart HP Agan dengan menekan tombol Daya "Power" kemudian biarkan ia menyala otomatis.

2. Gunakan Panel Notifikasi

Tidak semua perangkat memiliki pemberitahuan pada layar smartphone mereka. Tetapi jika ada, kamu dapat mengeluarkannya melalui panel notification.

Geser layar ke bawah sekali atau dua kali > Temukan fitur aman > Klik perintah "Safe mode is turn off."

3. Terapkan Kombinasi Tombol Power - Volume Turun

Selanjutnya, banyak dari mereka yang berhasil mengaplisiasikan trik kombinasi seperti ini. Jadi, Sobat juga bisa mencobanya.

Matikan HP Anda terlebih dahulu selama beberapa menit > Saat dihidupkan kembali segera pencet dan tahan vol turun + Daya secara bersamaan. Nah, gampang banget bukan?

4. Lepaskan Kartu SIM dan Baterai

Cara menghilangkan mode aman Samsung, Vivo, Sony, dan lainnya yang keempat adalah dengan mengeluarkan SIM card maupun Battery dari slotnya.

Kedengarannya cukup aneh kan? Namun konsep ini mampu menyelesaikan problem Anda.

Cabut kedua item tersebut pada dudukannya ketika ponsel sedang aktif atau dalam keadaan mati selang 2 - 3 menit.

Setelah itu, masukkan dan hidupkan lagi > Biarkan perangkat menyala seperti biasa tanpa menahan tombol apapun. Sekarang, lihatlah apakah fitur safe masih muncul di sudut kiri bawah layar?

5. Hapus Aplikasi Penyebab Masalah

Beberapa APK pihak ketiga seringkali memaksa handphone Android berjalan dalam mode safe. Karena itu, cari kemudian silahkan di delete.

Sobat bisa memulainya dari app yang barusan dipasang, tetapi kamu harus memastikan bahwa aplikasi tersebut memang sumber datangnya masalah.

6. Pengaturan Ulang Pabrik

Jika mode aman susah hilang, maka saran yang paling ampuh adalah menerapkan factory reset. Sebuah trik pamungkas untuk mengatasi segala kemaruk Android.

Namun sebelum itu, sangat dianjurkan agar kalian membackup seluruh data terlebih dahulu. Karena, hal ini membuat berkas di memori internal akan ikut terhapus.

Langsung saja, masuk ke settingan telepon > Cadangkan dan setel ulang > Ketuk reset pabrik > Done.

reset data pabrik

Kamu bisa menunggu sampai selesai, proses tersebut membutuhkan waktu beberapa menit tergantung banyaknya data maupun cache sistem.

Baca Juga: cara mengembalikan file Google Drive yang terhapus permanen

Kesimpulan

Mode aman adalah respons perangkat terhadap sistem di mana disebabkan oleh adanya ganguan marware atau aplikasi yang error.

Tetapi, fitur ini membuat kinerja keseluruhan menjadi tak maksimal. Di samping itu, sebagian besar pengguna tidak menyukainya.

Melalui 6 cara menghilangkan safe mode HP Android di atas, segala urusan Anda dengan layanan ini dapat ditanggulangi.

So, silahkan coba satu diantaranya, jika metode pertama gagal, lanjut ke tahap berikutnya. Semoga sukses Guys.

Post a Comment for "6 Cara Menghilangkan Safe Mode di HP Android"

Advertisement
Advertisement
Advertisement