Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

cara mengatasi aplikasi telah terhenti android

Cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di semua tipe Android, termasuk Samsung, Xiaomi, Asus, Lenovo, Sony, LG, Vivo, Oppo, dan beberapa app bawaan seperti Perintah Suara, UI, Kontak, Galeri, Gmail, Bluetooth, Tema, Google Maps, Facebook, WhatsApp, YouTube, dsb.

Jejakterkini.com - Kita tahu bahwa tidak ada satu pun sistem operasi seluler di dunia ini bebas tanpa masalah, terutama pada pesan "Proses com.android.phone terhenti" yang terus muncul di layar.

Bagi pengguna sejati, tentunya Sobat wajib mengetahui selok-belok penyebab dari sumber malapetaka ini untuk mencegahnya terulang kembali di lain waktu.

Umumnya, ada sejumlah faktor penyebab sayangnya aplikasi telah berhenti, merujuk pada indikasi sebagai berikut:

  1. Pembaruan OS, baik Stock maupun Custom ROM yang masih meninggalkan BUG, sehingga beberapa layanan tak mampu berfungsi dengan benar.
  2. Data dan cache lama tidak di hapus.
  3. Memori telepon & RAM down, biasanya di alami oleh flagship berspesifikasi rendah.
  4. Pengaruh dari pembekuan "Hibernasi" app tertentu yang terkait dengan kerangka layanan Google.
  5. APK sudah usang/kedaluarsa.
  6. Kartu SD sedang bermasalah/rusak.
  7. Terlalu sering mencopat kemudian pasang ulang file yang sama.
  8. Instalasi versi modifikasi (MOD) atau bukan sumber resminya.

Apapun alasannya, kondisi di atas mengakibatkan sistem berhenti bekerja serta memaksa aplikasi menutup secara paksa. Bahkan parahnya lagi, performa HP mu menjadi tambah lag, sampai menguras sumber daya perangkat.

So, kalau nggak segera ditangani serius, kalian akan berurusan dengan yang namanya "Unfortunately the process com.android.phone has stopped" ini Guys.

Nah, jika Sobat masih belum paham bagaimana harus memulainya, maka silahkan aja simak panduan lengkap dari kami untuk mengetahui jawabannya. Cepat, mudah, dan efisien itulah gambaran singkatnya.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Android

1. Reboot Ponsel Anda

muat ulang ponsel android

Terkadang, satu langkah kecil dapat mengatasi berbagai masalah besar. Penyakit umum yang sering kita jumpai di platform mobile saat ini mampu dipecahkan oleh trik sederhana.

Dengan memuat ulang, bisa membuat RAM + sistem perangkat kembali berjalan sebagaimana mestinya. Cobalah untuk mematikan HP agan > cabut baterai dari slotnya lalu diamkan 1 - 2 menit.

Selanjutnya, pasang baterai dan hidupkan lagi. Lihat apakah kode itu tetap ada? Jika Ya, silahkan beralih ke metode berikutnya.

2. Setel Ulang Preferensi

Notif kesalahan ini juga sering muncul ketika mengakses Kontak, Email, Galeri, Kalender atau APK yang disembunyikan/dinonaktifkan.

Prosedur dalam memperbaikinya pun pada dasarnya selalu sama yaitu dengan cara mengatur ke default mode Preferences.

Ketuk setingan Telepon > Tab Manager apps > Geser ke kiri hingga menemukan fitur "Semua/All" > klik opsi 3 titik dibagian kanan/kiri bawah layar (Bervariasi tergantung pabrikan).

opsi reset preferensi aplikasi

Kemudian pencet "Reset Preferensi" (Prompt segera ditampilkan untuk mengonfirmasi setelan ulang yang mengatakan bahwa kamu tidak kehilangan berkas apapun) > Reboot HP Anda.

3. Delete Data Penyimpanan

Cara mengatasi aplikasi terus berhenti di Samsung, ASUS, Xiaomi, atau produsen lain selanjutnya adalah melakukan penghapusan file caches. Karena jika menumpuk bisa menyebabkan Crash/error.

Matikan ponsel Sobat > Masuk mode recovery melalui perintah 3 tombol kombinasi (Power + Home + Volume up). Setelah berada di dashboard recovery gunakan vol naik/turun untuk menavigasi.

Pilih "Wipe Cache Partition" > Klik Yes / OK > Kemudian ke fitur "Advenced" > Tab "Dalvik Cache" > Yes. Seterusnya, Kembali ke menu utama > Tekan "Reboot system now."

4. Atur Tolak Pesan

Kalau Sobat menerima peringatan yang tiba-tiba muncul saat sedang melakukan panggilan telepon, cobalah tinjau tolak pesan.

Secara default, opsi tersebut hanya berjumlah 5 buah, tetapi jika lebih maka kamu dapat menghapusnya.

Buka layar utama > Klik ikon telepon > Call settings > Set reject messages > Silahkan lihat daftar > Restart ponsel mu.

atur tolak pesan

5. Nonaktifkan Pembaruan Otomatis

Cara memperbaiki Unfortunately the process com.android.phone has stopped berikutnya adalah melalui penghentian update otomatis.

Meskipun solusinya cukup sederhana, namun ia sudah berhasil diterapkan oleh banyak orang. Mungkin juga bagi Anda, kenapa tidak?

kita hanya perlu menghentikan pembaharuan automatic di setelan perangkat serta Playstore.

nonaktifkan pembaruan otomatis

Selain membantu memecahkan masalah, dia mampu mempercepat koneksi internet bahkan menghemat bandwidth kuota.

6. Periksa Kartu Memori

Kode peringatan bisa berhubungan dengan microSD yang rusak. Demikian, aplikasi apapun akan terbaca error.

Coba keluarkan SdCard mu sebentar, kemudian pakai HP agan seperti biasa. Jika tak ada pesan kesalahan maka sudah dipastikan bahwa ia adalah pelakunya.

Saran: Format ulang kartu tersebut atau ganti baru, tetapi sangat dianjurkan mentransfer semua datanya terlebih dahulu sebagai cadangan Anda.

7. Update dan Hapus Aplikasi MOD

"Proses com.android.phone terhenti" juga berhubungan erat dengan file usang atau kedaluarsa. Beberapa layanan membutuhkan pembaruan, sehingga versi lama nggak support lagi.

Sementara, seperti kami sampaikan diawal bahwa APK modifikasi sering kali menyeret Anda ke dalam kasus ini. Karena itu, jalan terbaik adalah segera hapus dan ganti ke versi original saja.

8. Reset Data Pabrik

Terakhir, kalau semua langkah di atas tidak mampu memberi Sobat solusi, berarti bisa disimpulkan wah sudah parah sekali Guys.

Oleh sebab itu, kita harus menempuh jalur ekstrem yaitu melakukan kembali ke pengaturan awal. Namun, memiliki risiko bahwa dapat melenyapkan seluruh berkas di memori internal, termasuk akun Google, kontak, media sosial, dll.

Sebaiknya Backup dulu sebelum mengambil langkah ini, ada dua konsep berbeda yang bisa digunakan, diantaranya:

Pertama: kunjungi settingan ponsel > Cadangkan & Reset > Tekan tombol reset perangkat (Tergantung tipe handset masing-masing, tapi intinya sama).

reset data pabrik android

Kedua: via Recovery Mode (Lihat metode ketiga), cuman bedanya kamu wajib memencet menu "Wipe Data/Factory Reset" > Yes / Ok > Back > Reboot system now > Done.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi koneksi Anda tidak Pribadi di Android

Kesimpulan

8 cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti ini berlaku untuk semua produsen apa saja.

Bukan hanya Android, perangkat iOS pun juga mengalami hal serupa, namun langkah perbaikannya hampir sama.

Pada Akhirnya, Kami berharap seluruh konsep ini dapat membantu kalian dan semoga berhasil.

Post a Comment for "8 Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti"