7 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri | Jejakterkini.com: 7 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Advertisement

7 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri

penyebab dan cara mengatasi hp mati hidup sendiri

HP Mati Hidup Sendiri adalah penyakit umum yang sering dijumpai oleh sebagian besar pengguna Smartphone, mereka seringkali mengeluh kenapa hal tersebut bisa terjadi. Karena itu, kami mencoba menjelaskan materi penyebab dan memberi solusinya.

Khusus Android, kadangkala permasalahan ini dapat menimpa siapa saja, entah bagi pengguna baru maupun yang sudah lama sekalipun. So, silahkan baca postingan berikut hingga tuntas untuk mengetahui jawabannya ya Guys.

Apa Penyebab HP Mati Sendiri?

Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi mengapa telepon Anda tiba-tiba restart dengan sendirinya, bahkan terus berulang-ulang. Secara teknis, biasanya dipicu oleh beberapa elemen seperti dibawah ini.

1. Persentase Baterai Tidak Akurat

Mungkin kamu nggak pernah membayangkan sebelumnya bahwa akurasi baterai tak 100% benar adalah salah satu pangkal masalahnya.

Berdasarkan ilmu pengetahuan, reaksi ini bisa juga diukur pada Smartphone, dibuat menggunakan algoritma dari kimia. Diamsumsikan sebagai proses sensitif kemudian mempengaruhi seperti suhu, usia baterai, serta kandungan sumber daya.

Misalnya: Di layar menunjukkan persentase sebesar 70%, padahal sebenarnya kapasitas tersisa hanya tinggal 10%. Sehingga menyebabkan ponsel mendadak mati.

2. Baterai Sudah Usang

Alasan kedua berkaitan dengan umur baterai, ketika dia telah dipakai lebih dari tiga tahun itu menjadi kondisi yang kurang ideal. Artinya, dalam siklus tersebut kesehatannya sudah mulai terganggu termasuk kebocoran, kembung, dsb.

Penting untuk dicatat, meski bagaimanapun bahwa usia pakai baterai dapat mempengaruhi aspek secara keseluruhan, jadi Sobat perlu menggantinya.

3. Sistem Crash dan Overheat

Selain baterai, penyebab HP mati sendiri adanya sistem yang korup, error, atau bahkan RAM mulai menipis karena kelebihan beban.

Juga, kondisi dimana chipset "komponen perangkat" menjadi terlalu panas "Overheat." Mengakibatkan ponsel sengaja dinonaktifkan guna mencegah kerusakan akibat temperatur ekstrem.

Secara internal, reaksi tersebut terjadi karena banyaknya aplikasi beroperasi dilatar belakang, cache/file sampah menumpuk, malware, serta BUG yang perlu ditambal.

4. Efek Root

Perangkat akar memiliki banyak keuntungan dibandingkan non-root. Namun, disisi negatifnya mendatangkan sejumlah resiko termasuk topik yang sedang kita bahas ini.

5. Komponen Rusak

Telepon modern dilengkapi hardware yang sangat kompleks, jika salah satu komponen mengalami kerusakan, maka dipastikan akan mempengaruhi kinerjanya seperti konektor, IC power, dll.

Baca Juga: Pasang Tweak Kitana, Ponsel Android Anda Tambah ngacir

7 Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri

Nah setelah mengetahui penyebab utamanya, sekarang simaklah bagaimana solusi perbaikannya.

1. Kalibrasi Baterai

kalibrasi baterai

Sistem operasi Android memiliki fitur yang disebut statistik baterai, berfungsi sebagai alat pelacak kapasitas baik saat sedang penuh atau kosong.

Masalahnya disini, kadang-kadang menjadi rusak dan mulai menampilkan data tidak real. Mengakibatkan, telepon mati sebelum mencapai 0 persen.

Melalui kalibrasi, akan memperbaiki informasi bahkan membuatnya bebas daripada kesalahan. Demikian, indikator kembali mampu ditampilkan lebih aktual, relevan, serta akurat.

Caranya: install Easy Battery Calibration di Google Playstore, kemudian charge hingga mencapai 100% > Setelah terisi penuh jangan langsung dicabut > Buka aplikasinya dahulu > Lakukan kalibrasi.

Seterusnya, matikan ponsel dan lanjutkan pengisian daya selama 3 jam > Hidupkan kembali > Pakailah sampai baterai benar-benar terkuras habis. Ulangi langkah ini 2 - 3 kali, agar digital voltmeter berjalan normal.

Catatan: Tidak direkomendasikan untuk melakukan kalibrasi secara teratur. Tetapi, dapat diterapkan setiap 3 bulan sekali supaya kesehatan battery selalu terjaga.

2. Hapus Cache

Cara mengatasi HP Mati hidup sendiri berikutnya adalah dengan menyingkirkan file cache/sampah.

Umumnya, riwayat browsing atau bongkar pasang aplikasi meninggalkan data diruang memori. Semakin menumpuk, maka berpotensi menghambat performa perangkat.

Parahnya lagi, kalau ponselmu memiliki spesifikasi rendah "Low-end" bisa mengakibatkan Crash, Error, Lag dan Hang. Wah gawat kan?

Nah untuk menghapusnya secara otomatis, kita bisa memanfaatkan jasa Es File Explorer, ataupun program pembersih cache seperti Ccleaner.

Namun bagi pengguna OS 5.0 keatas, Sobat bisa melakukannya via manual lho? Cukup pergi ke Pengaturan telepon > klik Storage/penyimpanan > Pilih aja "Hapus cache." Beres deh.

hapus cache data android

Saran: Sebelum uninstall aplikasi apapun, utamakan mendelete data terlebih dahulu, barulah APK-nya. Berguna, mencegah risiko penimbunan file sampah.

3. Tutup Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Begitu banyak aplikasi aktif dapat menyebabkan kinerja buruk ketika RAM hampir sepenuhnya terisi. CPU dipaksa terus bekerja yang pada akhirnya berpotensi menguras sumber daya.

Di Android 6.0, mereka telah dilengkapi sistem pengelolaan dengan sangat baik, dimana secara konsisten menangguhkan apps tak terpakai tanpa memerlukan intervensi pengguna.

Sebaliknya tidak bagi versi keluaran lama, sebab itu kita harus menutupnya sendiri untuk menghentikan layanan. Jika Sobat nggak mau ribet, silahkan pasang RAM Booster atau sejenisnya.

4. Gunakan Antivirus

pasang antivirus

HP sering mati sendiri kemungkinan besar juga terpengaruh oleh virus/malware. Bukan hanya komputer, namun platform seluler pun bisa terjangkit program berbahaya.

Jadi, direkomendasikan kepada Anda untuk memasang software Antivirus, lalu pindai dan membersihkanlah jika memang ada.

5. Update OS

update os android

Cara memperbaiki HP restart sendiri bagian kelima adalah melalui pembaruan sistem, kalau memungkinkan.

Pada dasarnya, ini membawa sejumlah fitur menarik, ikon + emoji baru, bahkan yang paling penting meningkatkan keamanan dan perbaikan kinerja.

Pemutakhiran perangkat sering kali dapat mengatasi masalah terkait BUG, serta keakuratan statistik baterai Anda.

6. Periksa Konektor

periksa konektor baterai

Seperti kita ketahui, konektor merupakan tempat dudukan yang menghubungkan ponsel dengan baterai. Umumnya, berbentuk 3 susunan logam kecil berwarna kuning keemasan "golden."

Sebuah komponen vital dari smartphone, jika rusak/patah maka sudah sangat jelas bahwa proses pengecesan tidak dapat dilakukan.

Cobalah periksa apakah ada kotoran, debu, dan semacamnya yang menempel pada konektor. Pasalnya, itu bisa mengganggu penghantar arus listrik.

Gosok menggunakan kain bertekstur halus atau penghapus pensil, jangan lupa bersihkan juga flat kecil dibagian ujung baterai.

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi TouchWiz Depan Terhenti Samsung

7. Ganti Baterai

Sebagaimana telah kami sebutkan diawal postingan, masalah ini juga berhubungan erat dengan kondisi baterai yang sudah tua. Jadi, kamu wajib menggantinya.

Setiap produsen handphone akan melakukan prosedur yang sama , bahkan beberapa orang menganggap bahwa jangka umur baterai hanya mampu bertahan sekitar tiga tahun saja.

Itulah sebabnya, ia mulai memperlihatkan gejala-gejala seperti shutdowns mendadak hingga penurunan performa ponsel secara keseluruhan.

Penutup

Semoga Penyebab dan cara mengatasi HP mati hidup sendiri diatas, dapat memberi solusi terbaik bagi Anda.

Lagipula, semua proses tersebut mampu Sobat tangani sendiri, kecuali ada komponen hardware lainnya yang rusak maka barulah bawa ketukang servis.

Post a Comment for "7 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Mati Hidup Sendiri"

Advertisement
Advertisement
Advertisement