10 Tips Melindungi Smartphone Tanpa Menginstall Antivirus | Jejakterkini.com: 10 Tips Melindungi Smartphone Tanpa Menginstall Antivirus
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Advertisement

10 Tips Melindungi Smartphone Tanpa Menginstall Antivirus

tips meningkatkan keamanan android

Setiap pengguna smartphone perlu mengetahui tentang fungsi kerja keamanan untuk mendeteksi potensi berbahaya. Tapi tahukah Anda, bahwa kita tidak membutuhkan perangkat lunak antivirus.

Kamu bisa saja terkejut setelah membaca judul artikel ini, namun tak menutup kemungkinan bagi siapapun agar menjaga keselamatan HP mereka tanpa menginstal aplikasi security internet.

Sementara itu, ada sejumlah faktor penyebab kerusakan telepon cerdas secara menyeluruh. Jadi, sebagai langkah pencegahan, kalian perlu berhati-hati dan terus mewaspadai serangan virus atau malware.

Nah berikut beberapa kiat khusus yang dapat membuat smartphone mu tetap terlindung atas segala jenis utas online.

1. Download Aplikasi Hanya Melalui Toko Resmi

Dalam hal ini, Play Store adalah satu-satunya tempat paling aman dari berbagai macam file dimana direkomendasikan oleh banyak orang seluruh dunia.

Alih-alih mencari APK MOD yang bisa merusak perangkatmu, alangkah baiknya selalu mengunduh di app resminya. Lagi pula, kita ditawarkan pembaruan rutin.

2. Aktifkan Play Protect

Ini dirancang khusus melindungi ponsel dari aplikasi abal-abal. Dia terus memindai semua instalasi dan aktivitas latar belakangnya apakah ia berbahaya atau tidak.

Fitur tersebut secara otomatis melakukan pemblokiran pada aktivasi meragukan, bahkan jika diperlukan ia segera menghapusnya.

Untuk menghidupkannya, cukup geser tombol "Protect" disisi kanan atas pengaturan Google Play Anda.

3. Periksa Izin Aplikasi dan Ulasan Pengguna

Sebelum memulai pengunduhan, penting agar selalu memeriksa semua jenis perijinan seperti akses informasi pribadi (Galeri, Daftar kontak, Lokasi, SMS, Internet, Sistem kamera, dll).

Tidak lupa, tinjau juga tanggapan pengguna apakah banyak memberi ulasan positif atau negatif. Karena, dua faktor tersebut mengindikasikan tentang performa teknis secara keseluruhan.

4. Jangan Mengklik Link Tak Dikenal

Selanjutnya, tautan phishing sering dikirim oleh seseorang melalui SMS/Email dengan embel-embel kode promo/hadiah. Namun sebenarnya adalah formulir palsu untuk mengambil detail pribadi termasuk email, nomor telepon, bank & kartu kredit.

Sangat disarankan jangan pernah memencet link asing yang mencurigakan supaya kamu terhindar dari segala risiko penipuan maupun peretasan akun dimasa mendatang.

5. Perbarui Sistem

Setiap kali Sobat dikirimi notifikasi tentang update OS, maka lakukanlah secepat mungkin untuk mendorongnya ke fitur-fitur teranyar.

Pada dasarnya, memiliki versi lama bisa menempatkan diri Anda dalam risiko, tetapi pembaruan mampu meningkatkan keamanan jauh lebih kuat dibandingkan sebelumnya.

6. Hindari Situs Kurang Terpercaya

Ketika membuka Google penelusuran, tentu kamu melihat banyak sekali bertebaran website phishing. Mereka mencoba menyebarkan kode jahat perusak ponsel.

Oleh sebab itu, akseslah situs otentik atau sering dikunjungi saja agar seluruh data pribadimu tidak dicuri para penyintas.

7. Selalu Logout Akun Setelah Memakai Wi-Fi Publik

Kita mungkin menemukan ada beberapa Wi-Fi gratis di tempat umum. Jika Sobat masuk ke semua media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan aplikasi perbankan, maka rentan terhadap pelanggaran.

Ya, jaringan semacam ini sungguh nggak dapat diandalkan, karena bisa menghilangkan kendali atas perangkatmu. So, silahkan keluar (Logout) setelah selesai mengakses internet publik.

8. Pertahankan Kata Sandi yang Solid

Demi keselamatan telepon, kalian dianjurkan menetapkan standar dengan keamanan tinggi. Sementara di Android, biasanya ada beragam mode konfigurasinya.

Cara mengatur ulang sandi sebagai berikut: Buka Settingan > Lock Screen > Pilih opsi: kunci pola, PIN, atau Password High Security.

9. Gunakan VPN

Virtual Private Network berfungsi menyembunyikan info pribadi, nomor IP, dan proteksi lainnya menjadi privasi. Saat menjelajahi web maupun terhubung ke jaringan publik, kamu dapat mengaktifkan protokol ini.

VPN mampu menghindarkan konsekuensi berbahaya ke aktivitas internet apapun supaya nggak bisa dilacak, serta melindungimu dari semua program peretasan.

10. Jangan Melakukan Root

Terakhir, rooting adalah proses yang mungkin merusak firmware resmi hingga file terkait dalam perangkat. Meskipun benar, kita memiliki kendali penuh atas sistem operasi.

Namun di beberapa kasus, dia membuat pengguna akan kehilangan garansi bahkan sangat berisiko bagi keselamatan ponsel mereka.

Penutup

Dengan mengikuti 10 tips ini, kami yakin bahwa bukan hanya dapat melindungi smartphone secara aman, melainkan juga mampu mejaga akun sosial Anda.

Post a Comment for "10 Tips Melindungi Smartphone Tanpa Menginstall Antivirus"

Advertisement
Advertisement
Advertisement